PERANAN PENDIDIKAN EKSTRAKURIKULER PASKIBRA DALAM PEMBINAAN KARAKTER SISWA DI MA NEGERI 1 CIANJUR

Winda Marliani, Yahya Mulyadi, Ilham Fajar Suhendar

Abstract


Pendidikan pada dasarnya merupakan jalan menuju perubahan tingkah laku manusia ke arah yang lebih baik, dan dalam prosesnya ditempuh melalui kegiatan belajar dan atau mengajar, sehingga dengan adanya proses itu antara lain diharapkan dapat membentuk karakter generasi bangsa yang unggul. Dewasa ini, kita merasa seperti mulai kehilangan karakter bangsa yang baik, yang seharusnya menjadi ciri khas bagi bangsa ini. Oleh karena itu, di tengah berbagai permasalahan dan hiruk pikuk kehidupan bangsa, yang diwarnai oleh berbagai penyimpangan dari hakikat kehidupan yang sebenarnya, pendidikan karakter dipandang sebagai upaya jalan keluar. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul Peranan Pendidikan Ekstrakurikuler Paskibra dalam Pembinaan Karakter Siswa di Man 1 Cianjur. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, serta teknik penelitian yang dipakai yaitu angket, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Populasi penelitian sebanyak 38 siswa dari kelas X dan kelas XI yang mengikuti ekstrakurikuler Paskibra dan 1 orang guru pembina. Sampel siswa dan guru pembina diambil sebanyak populasinya, sehingga penelitian ini disebut dengan penelitian populasi utuh. Dari hasil penelitian berdasarkan pengumpulan data, penafsiran data, serta pengolahan data, maka kesimpulan penulis yaitu pendidikan ekstrakurikuler Paskibra merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan karakter siswa yang lebih baik, dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.


Full Text:

PDF

References


Adinugroho, Arif. 2016. Internalisasi Nilai Kedisiplinan dalam Pembentukan Kepribadian Siswa melalui Ekstrakurikuler Paskibra SMP Negeri 4 Pontianak. (Jurnal). Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Ahmadi, Rulam. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Aqib, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya

Danial, Endang dan Djuherman. 2017. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Harapan Cerdas Publisher

Fibrianto, Sigit Alam. 2017. Pelaksanaan Aktivitas Ekstrakurikuler Paskibra dalam Pembentukan Karakter, Moral, dan Sikap Nasionalisme Siswa SMA Negeri 3 Surakarta. Surakarta: Pacasarjana Universitas Sebelas Maret. Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi). Bandung:Alfabeta.

Masrun. 1986. Studi Mengenal Kemandirian pada Peserta Didik dari Tiga Suku Bangsa (Jawa, Batak, Bugis). Laporan Penelitian. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidian. Jakarta: GrafindoPersada

Mulyasa, E. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2014. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v9i2.890

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v9i2.890.g692

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â