PENGARUH PEMBERIAN SANKSI EDUKATIF TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMK PASUNDAN 1 CIANJUR

Rifqa Auliandini, Munawar Rois, Banan Sarkosih

Abstract


ABSTRAK

Artikel ini membahas mengenai penelitian yang dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui gambaran serta hasil yang didapatkan dari pengaruh pemberian sanksi edukatif terhadap peningkatan disiplin peserta didik di SMK Pasundan 1 Cianjur. Pemberian sanksi edukatif bertujuan untuk meningkatan disiplin peserta didik di SMK Pasundan 1 Cianjur. Adapun metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMK Pasundan 1 Cianjur yang berjumlah 392 peserta didik yang terdiri dari dua belas kelas. Sedangkan sampel peserta didik diambil secara acak dari total populasi sebanyak 15% yaitu 60 orang peserta didik. Hasil penelitian diperoleh temuan bahwa pemberian sanksi edukatif ternyata memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan disiplin peserta didik di SMK Pasundan 1 Cianjur.

Kata Kunci: Positif, Sanksi Edukatif, Peningkatan disiplin

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Sholeh, M. (2007). Psikologi Perkembangan. Reneka Cipta.

Ali, M., & Asrori, M. (2009). Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Bumi Aksara.

Amri, S. (2016). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum. Prestasi Pustakarya.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Barnawi, & Arifin, M. (2012). Kinerja Guru Profesional. Ar-Ruzz Media.

Baron, & Byrne, D. (2003). Psikologi Sosial. Erlangga.

Colvin, G. (2008). Langkah Untuk Menyusun Rencana Disiplin Kelas Proaktif. PT Macanan Jaya Cemerlang.

Dilematik Pemberian Sanksi di Sekolah. (2016). Yayasan Suara Pendidikan.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar Dan Pembelajaran. PT Rineka Cipta.

Fachrurrozi, F., & Ibrahim, I. (2018). Hubungan Kontrol Diri dengan Disiplin Siswa Dalam Belajar. Jurnal Neo Konseling, 1(1), 6. https://doi.org/10.24036/xxxxxxxxxxx-x-xx

H.M, A. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Hasibuan. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Kusumadewi. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial Peer Group Dan Kontrol Dengan Kepatuhan Terhadap Peraturan Pada Remaja Putri Di Pondok Pesantren Modern. Jurnal Surakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter : Refleksi untuk Pendidikan (M. Taufik Rahman (Ed.); 1 ed.). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Purwanto, N. (2009). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Remaja Rosydakarya.

Sadulloh, U. (2011). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Alfabeta.

Sagala, S. (2007). Konsep Dan Makna Pembelajaran. CV. Alfabeta.

Susanto, A. (2015). Bimbingan & Konseling. Prenamedia Group.

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. PT Grasindo.

Yanuar. (2012). Jenis-Jenis Hukuman Edukatif. Diva Press.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter (Landasan, Pilar & Implementasi) (B. Nuraeni, S. Fatimah S.Sirate, & N. Ihsan (Ed.); 1 ed.). Prenadamedia Group.

Zilkifly. (2015). Konsep Dasar Pendidikan Anak. Adefa Grafika.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v13i2.3865

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v13i2.3865.g2660

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â