PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS X SMA NEGERI 1 PACET

Ayu Nursanti, Dina Indriyani

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model problem based learning dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Minat merupakan suatu keadaan di mana seseorang mempunyai perhatian terhadap sesuatu dan disertai keinginan untuk mengetahui dan mempelajari maupun membuktikannya lebih lanjut. Untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn, maka guru harus memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakter dan keadaan peserta didik. Salah satu model perlu diterapkan untuk menciptakan suasana belajar lebih aktif dan terpusat kepada peserta didik sehingga dapat meningkatkan minat belajar adalah model problem based learning. Model pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses kegiatan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah untuk mengumpulkan pengetahuan, sehingga dapat merangsang peserta didik untuk berpikir kritis dan belajar secara individu maupun kelompok kecil sampai menemukan solusi dari masalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model problem based learning dapat meningkat minat belajar peserta didik, hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya perhatian belajar, meningkatnya keterlibatan belajar, dan meningkatnya kreativitas belajar peserta didik.

 

Kata Kunci: Model Problem Based Learning. Minat, Belajar.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

A.M., Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Danial, E. & Djuherman. 2017. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan. Harapan Cerdas Publisher

Daryono, M. 2011. Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Hermawan, Iyep C, dkk. 2018. Penerapan Concept Learning Model Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan DI SMA PGRI KABUPATEN CIANJUR. INTEGRALISTIK, 31-41.

Purwanto, N. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, W. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Slameto, 2003. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: rineka Cipta.

Slameto, 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: rineka Cipta.

Slameto, 2013. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: rineka Cipta.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Edisi Pertama 2010. Jogjakarta: Bening.

Yamin, M. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center

for Learning Innovation (CLI).




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v13i1.3845

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v13i1.3845.g2503

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â