PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN HARIAN BERBASIS PEMBIASAAN DI SMA NEGERI 1 MANDE

Funny W Mukti, Funny W Mukti

Abstract


Artikel ini membahas mengenai penelitian yang dilakukan untuk mengetahui gambaran serta hasil yang didapatkan dari implementasi kegiatan harian berbasis pembiasaan yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mande dengan nama programnya yaitu "Pembiasaan Karakter Pelajar Pancasila". Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode naturalistik. Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan, peneliti menemukan bahwa program pembiasaan ini dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari peserta didik, bahkan manfaatnya dapat tetap di rasakan oleh peserta didik ketika mereka berada di luar lingkungan sekolah serta ketika berada dalam dunia kerja. Sehingga diperlukan suatu pembiasaan baik yang diharapkan dapat menjadi sebuah kebiasaan yang dapat mengubah bahkan membentuk kebudayaan baru yang lebih berguna bagi kehidupan manusia di masa yang akan datang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Mande, peneliti menemukan jawaban dari rumusan masalah yang sudah ditentukan sejak awal, yaitu penerapan kegiatan harian berbasis pembiasaan di SMA Negeri 1 Mande ini berpengaruh terhadap perubahan dan pembentukan karakter dari peserta didik, serta penting untuk diimplementasikan dan dilanjutkan hingga generasi berikutnya.

Full Text:

79-93

References


Ainissyifa, H. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garus, 1-26.

DOI : http://dx.doi.org/10.52434/jp.v8i1.68

Amirulloh. (2015). Teori Pendidikan Karakter Remaja dalam Keluarga. Bandung: ALFABETA.

Andiarini, S. E., Arifin, I., & Nurabadi, A. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. JAMP; Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 238-244.

DOI : http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i22018p238

BP, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa, 1-8.

https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757/4690

Dewantara, J. A., Suhendar, I. F., Rosyid, R., & Atmaja, T. S. (2019). Pancasila as Ideology and Characteristics Civic Education in Indonesia. International Journal For Educational and Vocational Studies, 400-405.

DOI : https://doi.org/10.29103.ijevs.v1i5.1617

Gantini, H., & Fauziati, E. (2021). Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Harian dalam Perspektif Behaviorisme. Jurnal Papeda, 145-152.

DOI : https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1195

Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehari-hari. Bandung: ROSDA.

Hermawan, I. C. (2020). Dinamika Pendidikan Politik & Implementasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Cianjur: Mulya Bookstore.

Hurri, I., & Munajat, A. (2016). Nilai Kearifan Lokal (Ngaos, Mamaos, dan Maenpo) Berfungsi Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Peserta Didik SMA Di Kabupaten Cianjur. International Seminar On Social and History Education, 208-220. DOI : http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/389

Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: TARSITO.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 7911-7915.

DOI : https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Salahudin, A., & Alkrienciehie, I. (2013). Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasid Agama dan Budaya Bangsa). Bandung: Pustaka Setia.

Sari, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan dan Krteladanan. Tarbawi, 249-258.

DOI : https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952

Setiawan, M. (2015). Karakteristik Kriminalitas Anak & Remaja dalam Perspektif Pendidikan, Juvenile Delinquency, Narkotika, Hukum Anak, Agama, dan Moral. Bogor: Ghalia Indonesia.

Shoimah, L., Sulthoni, & Soepriyanto, Y. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. JKTP, 169-175.

DOI : http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4206/2774

Sukiyat. (2020). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Suyitno, I. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 1-13.

DOI : https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307

Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter : Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: KENCANA.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v13i2.3339

DOI (79-93): https://doi.org/10.35194/jpphk.v13i2.3339.g2541

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â