PEMAKNAAN TERHADAP NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI IDENTITAS BANGSA (STUDY KASUS DI LINGKUNGAN KANTOR KECAMATAN BUGUL KIDUL KOTA PASURUAN)

anissatul faiza

Abstract


Pancasila merupakan paradigma keilmuan yang yang dapat dijadikan sebuah landasan pemikiran maupun penelitian lebih lanjut. Pancasila dapat dimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari baik di keluarga, masyarakat bahkan tidak menutup kemungkinan di lingkungan pekerjaan. Pancasila merupakan ideologi negara yang seharusnya di tempatkan secara proper oleh negara. Selain itu Pancasila merupakan simbol negara Indonesia. Metode penelitian menggunakan study kasus, dimana penulis ingin membuktikan bahwa nilai-nilai pancasila benar nyata adanya dan hidup dalam lingkungan kecamatan bugul kidul kota pasuruan. Adapun hasilnya adalah Lingkungan Kecamatan Bugul Kidul tentunya memberikan sarana dan prasarana dalam kegiatan beribadah; melakukan pelayanan yang baik dalam melayani keperluan masyarakat; nilai persatuan diterapkan dalam semua aspek; menyeimbangkan hak dan kewajiban serta mendahulukan musyawarah dalam rangka mencapai mufakat; nilai keadilan tertaut dalam setiap aktivitas, diantaranya keadilan memberikan tempat, pelayanan, dan fasilitas yang sama bagi semua orang tanpa melihat SARA.


Full Text:

PDF

References


Erinawati, N. R. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila melalui Pembelajaran Life Skill di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.232

Handayani, P. A., & Dewi, D. A. (2021). IMPLEMENTASI PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 6–12. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1439

Hasanah, U. (2020). INTERNALISASI IDEOLOGI PANCASILA MELALUI LAGU KEBANGSAAN UNTUK MENCEGAH MEMUDARNYA NASIONALISME. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 440. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.846

Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Kuhn, Thomas S, 2012, The Structure of Scientific Revolutions, Edisi bahasa Indonesia, Remaja Rosdakarya, Bandung. https://doi.org/10.7208/chicago/9780226458144.001.0001

Kusdarini, E., Sunarso, S., & Arpannudin, I. (2020). The implementation of pancasila education through field work learning model. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 359–369. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31412

Poondej, C., & Lerdpornkulrat, T. (2016). Relationship between motivational goal orientations, perceptions of general education classroom learning environment, and deep approaches to learning. Kasetsart Journal of Social Sciences, 37(2), 100–103. https://doi. org/10.1016/j.kjss.2015.01.001

Regiani, E., & Dewi, D. A. (2021). PUDARNYA NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 30–38. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1402

Salampessy, Z., Triyuwono, I., Irianto, G., & Hariadi, B. (2018). Pancasila paradigm: Methodology of wawasan nusantara for accounting of pancasila. Australasian Accounting, Business and Finance Journal, 12(1), 102–117. https://doi.org/10.14453/aabfj.v12i1.7

Yusuf, N. (2020). Restorasi Ideologi Pancasila Dalam Pemiki Ahmad Syafi’i Ma’arif. Jurnal Civic Hukum, 5(2), 220–229. https://doi.org/10.22219/jch.v5i2.11776




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v13i1.3058

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v13i1.3058.g2168

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â