PELAKSANAAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN di SMP NEGERI 1 BANGKURUNG KECAMATAN BANGKURUNG

M. Jayadin Ilham, Abd Rahman

Abstract


Tidak dapat dipungkiri bahwa derasnya arus globalisasi dan ketatnya persaingan kehidupan membawa kepada lahirnya gejala lunturnya nilai-nilai Pancasila dalam tatanam kehiduapan berbangsa dan bernegera, oleh sebab itu perlu melaksanakan nilai-nilai pancasila dalam pembelajaran. Tujan penelitian ini adalah mengetahui SMP Negeri 1 Bangkurng Kecamatan Bangkurung Kabupaten Banggai Laut. Dengan metode kualitatif diperoleh bahwa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraaan di SMP Negeri 1 Bangkurung terdapat kegiatan yang mencerminkan keterlaksanaan nilai-nilai pancasila. Untuk nilai ketuhanan terdapat kegiatan berdo’a sebelum memulai pelajaran dan mengucap syukur setiap kali mengahiri kegiatan, untuk nilai kemanusiaan  terdapat kegiatan berinteraksi secara intensif, meperlakukan peserta didk secara adil dan ada upaya untuk menjamin tidak adanya intimidasi  oleh peserta didik terhadap peserta didik lainnya, untuk nilai persatuan maka pembelajaran menerapkan pembelajaran kelompok berbasis kerja tugas kelompok, sedangkan untuk nilai kedaulatan rakyat dalam pembelajaran menerapkan prinsif demokrasi yaitu transparan dan objektif dan untuk nilai keadilan sosial peserta didik diperlakukan secara adill sesuai haknya serta menanamkan rasa tanggungjawab  dan kerja keras.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pancasila dilaksanakan di dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bangkurng kecamatan bangkurng Kabupaten Banggai Laut. Disarankan agar pelaksanaan nilai-nilai pancasila bukan hanya dilaksanakan pada pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraaan, namun untuk semua mata pelajaran dapat melaksanakannya


Full Text:

PDF 18-32

References


Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arsyad., (2006). Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD kelas IV. Jakarta: Erlangga.

Bakry, (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Cholisin. (2000). Materi Pokok Ilmu Kewarganegaraan-Pendidikan. Kewarganegaraan. Yogyakarta: UNY.

Fiske, (2004). Cultural and Communication Studies. Bandung: Jalasutra.

Kaelan, M.S, (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

Kaelan dan Zubaidi, (2010). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma.

Lickona, (2013). Educating for Character:How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Jakarta: Bumi Aksara.

Moloeng, Lexy J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran:Suatu Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press..

Rahayu, (2013). Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan(PPKn., Jakarta: Bumi Aksara.

Samsuri. (2011). Pendidikan Karakter Warga Negara. Yogyakarta: Diandra Pustaka.

Soemantri, Nuham, ((2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sapriya, (2009). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Departemen Agama RI.

Sutarjo Adisusilo, J.R, (2013) Pembelajaran Nilai-Karakter. Jakarta: Rajawali Pers.

Sutoyo, (2011). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syamsul., (2012). School Culture Di Madrasah Dan Sekol. Semarang: UNS.

Permendiknas 22/2006 Tentang Standar Isi Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v12i1.2119

DOI (PDF 18-32): https://doi.org/10.35194/jpphk.v12i1.2119.g1583

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â