PENANAMAN BUDAYA DEMOKRASI DI SMP NEGERI 3 CIANJUR (STUDI TENTANG PROSES PEMBENTUKAN KEMAMPUAN KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS SISWA)

Yolanda Agustina, Yahya Mulyadi, Dina Indriyani

Abstract


Budaya demokrasi harus ditanamkan sejak dini mulai dari lingkungan kecil seperti keluarga, sekolah dan masyarakat. Maka disekolahpun budaya demokrasi dikenalkan terhadap siswa. Sekolah merupakan tempat untuk membentuk warga negara demokratis. Selain menjadi warga negara demokratis siswa pun diharapkan memiliki kepemimpinan demokratis. Kepemimpinan demokratis selalu diharapkan dan didambakan oleh masyarakat, hal ini perlu adanya upaya dalam lingkungan pendidikan untuk menciptakan pemimpin yang demokratis. Sekolah Menengah Pertama merupakan jenjang pendidikan yang penting terutama untuk menginternalisasikan karakter. Dalam tahap ini siswa diberikan kesempatan untuk dapat mengaktualisasikan segenap bakat dan minat, serta kebebasan untuk bermusyawarah sebagai wahana pendewasaan untuk menjadi pemimpin bangsa yang demokratis. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui penanaman budaya demokrasi di SMP Negeri 3 Cianjur dalam membentuk kemampuan kepemimpinan demokratis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif. Adapun teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan angket, wawancara dan observasi. Populasi penelitian sebanyak 287 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cianjur, jumlah sampel yang diambil secara acak, yaitu 30% dengan jumlah 86 siswa. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan maka diperoleh hasil bahwa penanaman budaya demokrasi di SMP Negeri 3 Cianjur berjalan dengan benar sehingga siswa memiliki kemampuan kepemimpinan demokratis. Hal tersebut dapat di lihat dari siswa yang bermusyawarah dalam menyelesaikan persoalan, kemudian siswa yang senantiasa mendengar, menghargai dan menerima hak orang lain dalam menyampaikan pendapat, dan siswa yang  menjunjung tinggi toleransi.


Full Text:

PDF 58-68

References


Alvian, Resta. 2014. Implementasi Nilai-nilai Demokrasi dalam Organisasi Kesiswaan. (Skripsi). Univeristas Pendidikan Indonesia.

Arif, Syaiful. 2007. Demokrasi dan Hak asasi Manusia. Jakarta: Program Sekolah Demokrasi

Bachtiar, 2015. Mahkamah Konstitusi pada Pengujian UU Terhadap UUD. Jakarta: Raih Asa Sukses

Baharuddin dan Umiarso. 2012. Kepemimpinan Pendidikan Islam, antara teori dan praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Damri dan Putra. 2020. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Kencana

Danim, Sudarwan. 2004. Motivasi Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim No.4789

Hamidi, Hanum. 2013. Civic Education. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Zamroni. 2013. Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Penerbit Ombak




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v12i1.1702

DOI (PDF 58-68): https://doi.org/10.35194/jpphk.v12i1.1702.g1586

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â