PRAKTIK GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA dalam PEMBELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 1 MANDE

Risas Syafrizal, Iyep Candra Hermawan, Prima Yuana Sofwan

Abstract


Gerakan literasi sekolah merupakan gerakan yang bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan budaya literasi peserta didik yang dituangkan dalam program pembiasaan-pembiasaan positif yang diterapkan di sekolah. Melalui gerakan literasi sekolah peserta didik mampu memiliki kemampuan membaca dengan pemahaman yang tinggi, kemampuan menulis yang baik, kemampuan berbicara yang baik, serta kemampuan menguasai media dan teknologi digital. Berdasarkan hal tersebut peneliti memiliki ketertarikan untuk melakukan penelitian mengenai praktik gerakan literasi sekolah yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mande.

   Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan program gerakan literasi sekolah, peran guru dalam program gerakan literasi sekolah serta bentuk evaluasi dari gerakan literasi sekolah. Secara teoretis, manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SMA Negeri 1 Mande, memahami konsep-konsep baru yang berkaitan dengan pengaruh literasi terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn.

Penelitian ini dibuat menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Melalui penggunaan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumen. Sampel penelitian adalah peserta didik SMA Negeri 1 Mande yang berjumlah 3 orang, guru mata pelajaran PPKn serta kepala perpustakaan SMA Negeri 1 Mande.

Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis di SMA Negeri 1 Mande diketahui bahwa dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SMA Negeri 1 Mande terbagi dalam dua program yaitu, program mingguan dan program harian. Di dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah guru memiliki peran penting dalam setiap kegiatannya, pelaksanaan evaluasi pada gerakan literasi sekolah dilakukan dengan metode penugasaan kepada peserta didik untuk membaca buku sebanyak 25 buku dan merangkum hasil bacaan pada buku tulis, serta diketahui juga bahwa melaui program gerakan literasi sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn hal tersebut ditunjukan dengan perolehan nilai rapor yang dimiliki oleh peserta didik yang meraih nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM), perolehan prestasi dalam perlombaan dengan bertemakan PPKn serta perubahan sikap pada peserta didik yang kearah yang lebih positif.


Full Text:

PDF 51-69

References


Al-Qur’an Al Karim dan Terjemahannya Departemen Agama RI. Edisi Tahun 2002

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Abidin, Mulyatin, dan Yunansah. 2017. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi, Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Danu Damarjati (2019, 5 Januari) Benarkah Minat Baca Orang Indonesia Serendah Ini?. detikNews [Online]. Tersedia https://news.detik.com/berita/d-4371993/benarkah-minat-baca-orang-indonesia-serendah-ini.[5 Januari 2019]

Darmadi, Hamid 2009. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Disdik Bandung Gerakan Literasi Sekolah. Disdik Bandung [Online]. Tersedia https://disdik.bandung.go.id/ver3/gerakan-literasi-sekolah/. [2017, 23 November]

Djahiri, A. Kosasih. 2004. Pembaruan PKN-PIPS-PAI. Bandung: Lab FKIP UNPAS.

Frank, C.O. 2019. Literacies for a New Canon. Sage: Publications.

Hamalik, Oemar. 2005. METODA BELAJAR dan KESULITAN-KESULITAN BELAJAR. Bandung: Tarsito

Gojali, N. 2013. Tafsir & Hadis Tentang Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

Juliardi, Budi. 2015. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Jones-Jang, Mortensen, and Liu. 2019. Does Media Literacy Help Identification of Fake News? Information Literacy Helps, but Other Literacies Don’t. Sage: Publications.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khuluqo. 2017. Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar, Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualis Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Numan Somantri, Muhamad. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Parwati, Suryawan, dan Apsari. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada

Permatasari, Ane. 2015. Membangun Kualitas Bangsa Dengan Budaya Literasi. UNIB: Scholar Repositori

Rutten, Rodman, Wright, and Soetaert. 2013. Cultural studies and critical literacies. Sage: Publications.

Sedarmayanti, dan Hidayat. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: Bandar Maju

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumarsono. S. Dkk. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Gamedia Pusaka Utama.

Suyono. 2011. Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. Malang: Cakrawala Indonesia.

Suyono, Harsiati, dan Wulandari. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Malang: Universiatas Negeri Malang.

Swatika dan Pujiono. 2017. BUDAYA LITERASI DI KALANGAN MAHASISWA FBS UNY. LITERA.

West, J.A. 2019. Using new literacies theory as a lens for analyzing technology-mediated literacy classrooms. Sage: Publications.

Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v11i2.1695

DOI (PDF 51-69): https://doi.org/10.35194/jpphk.v11i2.1695.g1376

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â