PERANAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA DEMOKRATIS

Desy Nurhidayah, Sumarna Sumarna, Ilham Fajar Suhendar

Abstract


Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib yang diajarkan kepada siswa untuk menciptakan warga negara yang sesuai dengan yang diamanatkan oleh Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sendiri berperan sebagai Pendidikan Demokrasi di Indonesia. Siswa tidak hanya mendapatkan materi mengenai pengetahuan kewarganegaraan dan sikap kewarganegaraan saja tetapi juga dengan mata pelajaran PPKn dapat membentuk dan mengembangkan keterampilan kewarganegaraan seperti mengemukakan pendapat dan musyawarah. Adapun peran mata pelajaran PPKn dalam membentuk karakter demokratis siswa dengan mengamalkan nilai-nilai demokrasi, sehingga terbentuklah budaya demokrasi dilingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat mengembangkan budaya demokratis siswa di SMA Pasundan 1 Cianjur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penulis memperoleh hasil penelitian sebagai berikut : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berperan baik dalam menambah pengetahuan kewarganegaraan siswa dan juga mengembangkan keterampilan kewarganegaraan siswa seperti mengikuti musyawarah dan berani mengemukakan pendapat di kelas.


Full Text:

PDF 40-50

References


Amin, D. (2016). Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(2),1-5. https://doi.org/10.21009/JPS.052.01

Arwiyah, Y., & Machfiroh, R. (2014). Civic Education di Perguruan Tinggi di Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Baidi. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan : Berbasis Multikulturalisme Perspektif Psikologi Sosial Islam. Yogyakarta : Deepublish.

Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.

Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.

Darmadi, H. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewaraganegaraan di Perguruan Tinggi (Edisi Kedu). Bandung: Alfabeta.

Dewantara, J. A., Suhendar, I. F., Rosyid, R., & Atmaja, T. S. (2019). Pancasila as Ideology and Characteristics Civic Education in Indonesia. 1(5), 400–405.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalian Indonesia.

Juliardi, B. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: PT RajaGrafido Persada

Mahfud, M. (2003). Demokrasi dan Konstitusi di Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rahayu, M. (2012). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Keberanian Mengemukakan Pendapat Siswa. Fkip Ump, 3(1), 9–64. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.908

Sanusi, A., & Darmawan, C. (2016). Implementasi Pendidikan Politik Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Lintas Budaya Pada Generasi Muda Demi Mewujudkan Budaya Politik Pancasila. 25(1), 24–40.

Winarno. (2007). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan (Edisi Kedua). Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v11i2.1694

DOI (PDF 40-50): https://doi.org/10.35194/jpphk.v11i2.1694.g1375

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â