Penilaian Konsumen Millennial terhadap Tingkat Usabilitas Produk Smartphone

Devy Dwi Orshella, Widodo Andri Saputro

Abstract


Perkembangan teknologi smartphone di Indonesia saat ini tentunya tidak terlepas dari pengaruh gaya hidup generasi millennial. Dimana kelompok konsumen muda ini dikenal sebagai generasi yang paling terkoneksi secara sosial dan sangat mendominasi jumlah pengguna smartphone di Indonesia dalam tiga tahun terakhir. Salah satu perkembangan teknologi tersebut terdapat pada interface produk smartphone. Semakin baik tingkat usabilitas suatu interface, tentunya semakin memudahkan penggunanya dan menimbulkan loyalitas terhadap produk tersebut. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan tingkat usabilitas interface dua produk smartphone terlaris di Indonesia, yakni Iphone dan Samsung. Penelitian dilakukan dengan metode observasi langsung terhadap responden yang mewakili populasi generasi millennial di Kabupaten Ciamis. Responden akan menyelesaikan 10 tugas sebanyak empat kali percobaan pada masing-masing interface. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interface Samsung lebih unggul pada dimensi efficiency, error, dan memorability. Sedangkan interface Iphone lebih unggul pada dimensi learnability dan satisfaction. Disamping itu, terdapat pula rekomendasi usulan perbaikan yang dapat dilakukan oleh para pengembang untuk penyempurnaan interface produk smartphone.

Full Text:

PDF

References


E. D. Septiari, dan N. N. Sari, “Persepsi Konsumen Milenial Terhadap Kualitas Layanan Pasar Tradisionalâ€, MODUS Journals, vol. 30, no. 1, pp. 1-16, 2018.

R. Fry, “A Rising Share of Young Adults Live in Their Parents' Homeâ€, Pew Research Center, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/ 321171445/download

I. Luntungan, et al, “Strategi Pengelolaan Generasi Y di Industri Perbankanâ€, Jurnal Manajemen Teknologi, vol. 13, no. 2, pp. 219-240, Agustus 2014.

G. Browning dan D. Worman, “Gen Up: How The Four Generations Workâ€, Chartered Institute of Personnel and Development, 2009, [Online]. Available: https://www.criticaleye.com/inspiring/insights-servfile.cfm?id=2183

T. Angela dan N. Effendy, “Faktor-Faktor Brand Loyalty Smartphone pada Generasi Yâ€, Jurnal Experientia, vol. 3, no. 1, pp. 79-91, Juli 2015.

ACH, “Penggunaan “Smartphone†di Genggaman Generasi Milenialâ€, Kompas, Mei 05, 2018. [Online]. Available https://kompas.id/baca/adv_post/penggunaan-smartphone-di-genggaman-generasi-millenial/

A. G. Akeda, “7 User Interface Terbaik Smartphoneâ€, Tribunstyle.com, Sept 06, 2018. [Online]. Available: http://style.tribunnews.com/2017/01/16/ini-7-user-interface-terbaik?=4

R. F. Budi, “Pengaruh Kualitas Web Terhadap Tingkat Kepuasan Penggunaan Google Scholarâ€, Jurnal UNAIR, 2010.

JCND, “5 Merek Smartphone Paling Laris di Duniaâ€, idntimes, September 05, 2018. [Online]. Available: https://www.idntimes.com/tech/gadget/jcnd/daftar-merek-smartphone-paling-laris-di-dunia-c1c2/full.

J. Nielsen, Usability Engineering, San Diego: Academic Press, 1993.

H. Mastrisiswadi, et al, “Analisis Perbandingan Tingkat Usabilitas Pada Webmail Services (Gmail & Hotmail)â€, Proceeding of Seminar Nasional Teknik Industri Universitas Gadjah Mada, vol. 1, 2016.

G. W. L. Soerjoatmodjo, “I Selfie Therefore I Exist: A Preliminary Qualitative Research on Selfie as Part of Identity Formation in Adolescentsâ€, HUMANIORA, vol. 7, no. 2, pp. 139-148, April 2016.




DOI: https://doi.org/10.35194/jmtsi.v2i2.415

Refbacks



This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri ISSN: 2581-0561 (online); 2581-0529 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: jmtsi@unsur.ac.id 

JMTSI (Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri) INDEXED BY :