PENYULUHAN MENGENAI EFEK NEGATIF PENGGUNAAN SMARTPHONE YANG BERLEBIHAN PADA ANAK USIA DINI

Yuyun Yulianah, Mumuh M Rozi

Abstract


ABSTRAK

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menekankan aspek pengabdian kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini, fokusnya adalah Desa Mulyasari di Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur. Dari hasil observasi lapangan, terungkap bahwa banyak anak usia dini di Desa Mulyasari yang menggunakan Smartphone yang berlebihan. Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan dampak negative akibat penggunakaan smartphone yang berlebihan pada anak usia dini. Salah satu upaya penanggulangan dilakukan melalui penyuluhan dengan judul "Efek Negatif Penggunaan Smartphone yang Berlebihan pada Anak Usia Dini di Desa Mulyasari, Kecamatan Mande." Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan smartphone terhadap perkembangan anak usia dini. Dengan kemajuan teknologi komunikasi, hampir semua kalangan, termasuk anak usia dini, sudah menggunakannya. Artikel ini mengusung metode kualitatif dengan data diperoleh melalui observasi di Desa Mulyasari. Dari sisi teoritis, artikel ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang tantangan dan solusi terkait anak usia dini. Fakta lapangan menunjukkan bahwa beberapa orang tua menggunakan smartphone sebagai jalan pintas untuk mengatasi kesulitan mengawasi anak. Namun, perlu diingat bahwa pemantauan dan pengawasan yang hati-hati diperlukan untuk meminimalkan dampak negatif, dan penggunaan smartphone sebaiknya dibatasi agar anak dapat lebih baik terlibat dalam kegiatan lingkungan yang mendukung sosialisasi.

ABSTRACT

Kuliah Kerja Nyata (KKN) is part of the Tri Dharma of Higher Learning that emphasises the aspect of community service. Through this activity, the focus is Mulyasari Village in Mande District, Cianjur Regency. Field observations revealed that many young children in Mulyasari Village use smartphones excessively. This raises concerns about the negative impact of excessive smartphone use on early childhood. One of the countermeasures is done through counselling with the title "Negative Effects of Excessive Smartphone Use on Early Childhood in Mulyasari Village, Mande Subdistrict". This article aims to evaluate the impact of smartphone use on early childhood development. With the advancement of communication technology, almost everyone, including early childhood, has used it. This article uses a qualitative method with data obtained through observation in Mulyasari Village. From a theoretical perspective, this article is expected to serve as a reference to improve people's understanding of the challenges and solutions related to early childhood. Field facts show that some parents use smartphones as a shortcut to overcome the difficulties of supervising children. However, keep in mind that careful monitoring and supervision are needed to minimise negative impacts, and smartphone use should be limited so that children can better engage in environmental activities that support socialisation.


Keywords


Anak; Dampak; Smartphone; Penyuluhan; Children; Counselling; Impact; Smartphone

References


Astria, N. (2019). Essay Kajian Kronologis dan Dampak Penggunaan Dan Perkembangan Teknologi Informasi. Jurnal Inovasi, 19(1), 1–10. https://doi.org/10.33557/jurnalinovasi.v13i1.606

Daulay, R. S., Pulungan, H., Noviana, A., & Hurhaliza, S. (2020). Manfaat Teknologi Smartphone dalam kegiatan Pembelajaran Pendidikan Islam Di Masa Pandemi Corona-19. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 29–43. https://doi.org/10.56114/al-ulum.v1i1.7

Edora, & Zy, A. T. (2022). Dampak Game Terhadap Anak Usia Dini Impact of Games on Early Childhood. Prosiding SAINTEK: Sains Dan Teknologi, 1(1), 91–95.

Hidayati, R. (2020). Peran Orang Tua : Komunikasi Tatap Muka Dalam Mengawal Dampak Gadget Pada Masa Golden Age. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.35308/source.v5i2.1396

Juliansyah, M. A., & Purba, V. (2020). Makna dan Alasan Dibalik Orang Tua Memberikan Fasilitas Gadget Kepada Anak Usia Dini. JPRMEDCOM: Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal, 2(2), 20–34.

Kartiyani, T., Dhiah Dwi Kusumawati, & Budiarti, T. (2020). Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Dampak Negatif Penggunaan Gadget Dan Deteksi Dini Gangguan Sensomotorik Serta Perubahan Postural Pada Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Al-Irsyad (JPMA), 2(1), 86–92. https://doi.org/10.36760/jpma.v2i1.85

Maria, H. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Psikologi Anak Remaja. Ra’ah: Journal of Pasoral Counseling, 2(2), 74–82. https://doi.org/https://doi.org/10.52960/r.v2i2.163

Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1), 179–185. http://www.yourdictionary.com/library/reference/word-definitions/definition-of-technology.html.

Oktavia, N., & Mulabbiyah, M. (2019). Gawai Dan Kompetensi Sikap Sosial Siswa Mi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas V Min 2 Kota Mataram). El Midad: Jurnal PGMI, 11(1), 19–40. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1903

Sawitri, Y., Yannaty, I. A., Widyastika, S. I., Harumsih, T. D., & Musyarofah, H. F. (2019). Dampak penggunaan smartphone terhadap perkembangan anak usia dini. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat IV Tahun 2019“Pengembangan Sumberdaya Menuju Masyarakat Madani Berkearifan Lokal,” 691–697. https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/108

Sejati, Y. G., & Nurlaili, U. (2020). Meminimalisir Penggunaan Gadget Yang Menghambat Perkembangan Motorik Anak Usia Dini. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 1(1), 1–7. https://doi.org/10.30587/jieec.v1i1.1597

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310




DOI: https://doi.org/10.35194/je.v4i2.3955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Suryakancana University Research and Service Institute.

Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id 

Lisensi Creative Commons
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.