MENGEMBANGKAN LITERASI DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN DI SEKOLAH DASAR DESA MULYASARI

Rahmat Taufiq Dwi Jatmika, Indah Nurul Rahmi, Nurul Siti Nuraeni

Abstract


ABSTRAK

Indonesia menempati posisi ke-62 dari 70 negara yang diuji terkait tingkat literasi, bahkan masuk dalam 10 negara terendah dengan tingkat literasi yang rendah. Data ini mengindikasikan adanya tantangan serius dalam pelaksanaan literasi di Indonesia. Kondisi ini menunjukkan adanya kebutuhan mendesak untuk melakukan perbaikan dalam bidang literasi di negara ini. Karena hal tersebut, salah satu langkah yang perlu diambil oleh mahasiswa dalam kegiatan KKN adalah dengan mengadakan program “Desa Literasi” yang mengusung tema “Mengembangkan Literasi dengan Pendekatan Pembelajaran yang Menyenangkan di Sekolah Dasar”. Hal ini menjadi relevan karena mahasiswa dapat berkontribusi dalam membangun kesadaran literasi sejak usia dini. Demi memenuhi kebutuhan ini, dalam program Desa Literasi tim pelaksana memutuskan untuk menerapkan strategi pembelajaran yang inovatif, yakni strategi pembelajaran menyenangkan atau fun learning. Keadaan ini secara langsung berdampak pada tingkat partisipasi yang lebih tinggi dan minat belajar yang lebih besar.

 

ABSTRACT

Indonesia ranks 62 out of 70 surveyed countries in literacy rates, even being among the 10 countries with the lowest literacy levels. This data indicates a significant challenge in literacy implementation in Indonesia, highlighting the urgent need for improvement in this field. Consequently, one necessary step for students participating in the Community Service Program (KKN) is to organize a "Literacy Village" program with the theme "Developing Literacy through Fun Learning Approaches in Elementary Schools." This is relevant as students can contribute to building literacy awareness from a young age. To meet this need, the program's organizers have chosen to implement an innovative teaching strategy, specifically the "fun learning" approach. This approach directly impacts higher participation rates and greater learning interest.


Keywords


Belajar; Desa Literasi; Fun Learning; Sekolah Dasar; Elementary School; Fun Learning; Learning; Literacy Village.

References


Amrullah, Z. (2023). Problematika Literasi Dalam Konteks Pendidikan (Islam) Abad 21. Journal TA’LIMUNA, 12(1), 1. https://doi.org/10.32478/talimuna.v12i1.999

Budiharto, Triyono, & Suparman. (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 153–166. http://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/index

Dalilan. (2021). Literasi Mahasiswa: Studi Kebiasaan dan Sikap Membaca Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan. Pusatkaloka: Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 13(1).

Deviyanti, R. (2021). Peningkatan Literasi dan Motivasi Membaca bagi Anak-Anak di Panti Asuhan Al-Falah Yasmuba melalui Taman Bacaan Edukatif. Jurnal Sumbangsih, 2(1), 149–155. https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.46

Fahrianur, F., Monica, R., Wawan, K., Misnawati, M., Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 102-113.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-11

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Hidayah, L. (2017). Implementasi Budaya Literasi di Sekolah Dasar melalui Optimalisasi Perpustakaan: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya. JU-Ke, 1, 48–58.

Iswandi, A. (2023). Efektivitas Intervensi Pendidikan untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Islam pada Mahasiswa: Studi Kasus di Universitas PTIQ Jakarta. Al-Tasyree: Jurnal Bisnis, Keuangan Dan Ekonomi Syariah, 15(01), 10–17. https://doi.org/10.59833/altasyree.v15i01.1154

Juhro, S. M., Ridhwan, M. M., Yanuarti, T., & Laksono, A. B. (2020). Tantangan Pemulihan Ekonomi Nasional dan Strategi Kebijakan Pengembangan Ekonomi Inklusif di Era New Normal. In Isei.or.Id (2nd ed., Vol. 1, Issue June). Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia. http://isei.or.id/explorer/20210303200230_Kajian_Kebijakan_Publik_2.0.pdf

Kusumawati, H., Wachidah, L. R., & Cindi, D. T. (2021). Dampak Literasi Digital terhadap Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENSIKDA-3), 155–164.

Mudana, I. G. A. M. G. (2020). Pembelajaran Literasi melalui Pendekatan Saintifik dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. VIDYA SAMHITA: Jurnal Penelitian Agama, 2(2), 209. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.3000

Susongko, P. (2020). Mencari Format Penilaian Pendidikan Indonesia yang Mendukung Daya Saing Bangsa. Prosiding Srada (Seminar Literasi Pedagogi), 11–22.




DOI: https://doi.org/10.35194/je.v4i2.3903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Suryakancana University Research and Service Institute.

Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id 

Lisensi Creative Commons
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.