PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT PADA KOPERASI KONSUMEN KARYAWAN RSUD MITRA BAKTI

Indra Muhammad Syarief Hidayat

Abstract


ABSTRAK

Koperasi adalah suatu badan hukum yang mempunyai tujuan untuk menyejahterakan anggotanya dengan membantu perekonomian setiap anggotanya. Salah satu upaya koperasi dalam mewujudkan tujuan tersebut dengan menyediakan unit usaha simpan pinjam yang menyediakan jasa kredit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pemberian kredit pada koperasi konsumen karyawan RSUD Mitra Bakti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu penyelidikan atau penelitian mendalam untuk melihat dan mendapatkan fakta-fakta yang jelas tentang suatu fenomena dan dideskripsikan dalam bentuk kata-kata. Adapun Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu Riset Lapangan dengan cara pengamatan (observasi) dan wawancara. Hasil dari penelitian prosedur pemberian kredit di Koperasi Konsumen Karyawan RSUD Mitra Bakti sudah memadai dan selalu lancer. Namun masih tergolong sederhana dan masih ada kendala yang biasa terjadi yaitu kredit macet karena tidak ada survey dan tanpa jaminan dalam prosedurnya.

ABSTRACT

A cooperative is a legal entity that aims to improve the welfare of its members by helping the economy of each member. One of the cooperatives' efforts in realizing this goal is by providing savings and loans business units that provide credit services. The purpose of this study was to determine the procedure for providing credit to consumer cooperatives of Mitra Bakti Hospital employees. The research method used in this study is a qualitative descriptive method, namely an in-depth investigation or research to see and obtain clear facts about a phenomenon and described in words. The data collection technique used is Field Research by observation (observation) and interviews. The results of the research on lending procedures at the Employee Consumer Cooperative of Mitra Bakti Hospital are adequate and always smooth. But it is still relatively simple and there are still obstacles that usually occur, namely bad debts because there is no survey and no collateral in the procedure.


Keywords


Koperasi; Kredit; Prosedur Pemberian Kredit; Cooperation; Credit; Crediting Procedure

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Anoraga, Panji dan Widiyanti, Ninik. 2002. Dinamika Koperasi. Jakarta: Rineka Cipta,

hlm. 23.

Anoraga, Panji. 2002. Koperasi Kewirausahan Dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta, hlm. 17.

Kasmir. 2012. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers, hlm. 143-147

Kasmir. 2013. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Rajawali Pers, hlm. 86-90.

Rivai, Veithzal dan Permata, Andria. 2006. Credit Management. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, hlm. 4

Rivai, Veithzal. 2013. Financial Institution Management. Jakarta: Rajawali Pers, hlm.639

Rochmadi, Ikhsan. “Analisisi Dampak Perdagangan Bebas dan Global pada Bergesernya Nilai, Budaya, Prinsip dan Tujuan Koperasi”, Jurnal Ekonomika, Vol. 4, No. 2. Desember 2011, hlm. 4-5.

Sedarsono dan Edilius. 2007. Manajemen Koperasi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, hlm 31.

Sudarsono dan Edilius. 2005. Koperasi Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, hlm.1.

Widiyanti, Ninik dan Sunindhia, 2008. Koperasi dan Perekonomian Indonesia. Jakarta:Rineka Cipta, hlm. 1.




DOI: https://doi.org/10.35194/arps.v3i2.3937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ar-Rihlah : Jurnal Study Perbankan Syariah INDEXED BY : 

   

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.