INOVASI PT. POS INDONESIA DALAM MENJAGA EKSISTENSI DAN DAYA SAING PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia Cianjur)

Tini Kusmayati Dewi, Syavitri Rahmawati, Rizky Apriliana, Dandy Yusuf, Fadila Suryana, Syarifa Tania

Abstract


ABSTRAK

Inovasi PT. Pos Indonesia Dalam Menjaga Eksistensi Dan Daya Saing Pelayanan Publik. Dalam dunia modern, inovasi merupakan tantangan besar bagi setiap organisasi termasuk organisasi penyedia layanan publik.Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk inovasi, keberhasilan dan kegagalan inovasi, serta faktor-faktor pendorong dan penghambat inovasi PT. Pos Indonesia Cianjur dalam menjaga eksistensi dan daya saing pelayanan publik.Hasil penelitian ini adalah 1) bentuk-bentuk inovasi PT. Pos Indonesia Cianjur untuk menghadapi tantangan organisasional adalah inovasi produk dan proses. 2) PT. Pos Indonesia telah berhasil dalam melakukan inovasi karena inovasi layanan yang ada, seperti layanan pos express, pos payment, wesel pos prima dan instan, perangko prisma, dan lain sebagainya, memiliki sifat baru yang lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi jaringan online sehingga dapat diterima oleh masyarakat pengguna layanan. 3) akan tetapi, inovasi-inovasi yang ada masih belum menjawab semua tantangan organisasional yang dihadapi PT. Pos Indonesia Cianjur karena inovasi produk dan proses belum mampu mengatasi masalah organisasional yang dihadapi terkait dengan kualitas dan kuantitas SDM. 4) Di lingkungan internal PT. Pos Indonesia Cianjur faktor yang mendorong pengembangan inovasi adalah terkait dengan SDM serta visi dan misi, faktor penghambat yang ada di lingkungan eksternal adalah sarana dan prasarana serta biaya operasional. Sedangkan faktor yang mendorong pengembangan inovasi dari lingkungan eksternal adalah kebijakan pemerintah, kemajuan teknologi, dan munculnya jasa pengiriman swasta. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pelanggan atau pengguna jasa layanan.

 

ABSTRACT

Innovation PT. Pos Indonesia Cianjur in Maintaining The Existence And Competitiveness Of Public Service.In the modern world, innovationis amajor challenge forany organization. This paperis the result of research that aims to describe the form sof innovation, success and failure of innovation, and the factors driving and inhibiting innovation PT. Pos Indonesia Sidoarjo in maintaining the existence and competitiveness of public service. The results of this studyare 1) forms of innovation to meet the challenges of organizational PT. Pos Indonesia Cianjur is a product and process innovation. 2) innovations are still not answered all the organizational challenges faced by PT. Pos Indonesia Cianjur for product and process innovation has not been able to solve organizational problems encountered related to the quality and quantity of human resources. 3) PT. Pos Indonesia has succeeded in innovatin for innovation of existing services, such as express mail service, postage payment, money orders and instant prime, stamps prisms, and so forth, have novel propertiesmore effectively and efficiently by utilizing online networks so it canbe accepted by the users of the service. 4) Internally within PT. Pos Indonesia Cianjur factors that promote the development of innovationis related to human resources and the vision and mission, the inhibiting factors in the external environment is the infrastructure and operational costs. While the factors that drive innovation development of the external environment is government policy, technological advances, and the emergence of private delivery services. While inhibiting factor is customers orservice users.


Keywords


Inovasi; Pelayanan Publik; Daya Saing; Innovation; Public Service; Competitiveness

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Batalli, Mirlinda 2011. Impact of Public Administration Innovations on Enchancing the Citizens? Expectation, International Journal of e-Education, e-Bussines, eManajemen and e-Learning, Vol 1 No 2.

De Jong, J & Hartog, D D. (2003), Leadership as a determinant of innovative behaviour.A Conceptual framework.diakses pada Tanggal 27 September 2012 dari http://www.eim.net/pdf- ez/H200303.pdf.

Heryanto. M. 2012. Efektivitas dan Efisiensi Penyelenggaraan Publik: Suatu Tinjauan Kinerja Lembaga Pemerintahan. Jurnal Pelangi Ilmu.5.(1).

Keban, YT. (2004), Enam Dimensi Administrasi Publik (Konsep Teori dan Isu).Gava Yogjakarta: Media.

Kusmana, Suherli (2010), Manajemen Inovasi Pendidikan. Ciamis: Pascasarjana Unigal Press.

LAN. 2016. Pengembangan Model dan Story Administrasi Negara, Pusat Intan-Dian-LAN, Jakarta.

Rademakers, Martijn (2005), “Corporate universities: driving force of knowledge innovation”, Journal of Workplace Learning; 2005; 17, 1/2; ABI/INFORM Global, pg. 130

Ratminto & Atik Septi Winarsih (2005),Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarno, Yogi (2008), Inovasi di Sektor Publik.Jakarta: STIA-LAN Press.

Taufik, Tatang (2005),Pengembangan Sistem Inovasi Daerah: Perspektif Kebijakan. Tangerang: Buana Press.

Tjandra, Elvi Anggraeni (2008), Keberhasilan inovasi melalui riset dan pengembangan yang tepat akan mempengaruhi keberhasilan produk di pasar, Vol. 01 Hal 13-21.

Undang-undang No. 25 Tahun 2009, tentang Pelayanan Publik.




DOI: https://doi.org/10.35194/arps.v3i2.3936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ar-Rihlah : Jurnal Study Perbankan Syariah INDEXED BY : 

   

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.