PENGARUH LIABILITIES EMPLOYEE BENEFIT DAN INFAQ/SEDEKAH RESTRICTED FUNDS TERHADAP TOTAL LIABILITIES AND FUNDS DI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL RUMAH ZAKAT FOUNDATION

Aris Alfiandi, Usep Deden Suherman

Abstract


Abstrak

Total Liabilitas dan Dana adalah jumlah seluruh kewajiban dan saldo dana. Kewajiban Imbalan Pasca Kerja dan Dana Infaq/Sedekah–Terikat yang besar mencerminkan hasil Total Liabilitas dan Dana yang besar pula. Masalah timbul ketika Kewajiban Imbalan Pasca Kerja dan Dana Infaq/Sedekah–Terikat yang mendapat hasil tinggi, namun hasil dari Total Liabilitas dan Dana justru rendah dan begitu pula sebaliknya. Seperti halnya yang terjadi di LAZNAS Rumah Zakat Foundation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kewajiban Imbalan Pasca Kerja secara parsial terhadap Total Liabilitas dan Dana di LAZNAS Rumah Zakat Foundation, pengaruh Dana Infaq/Sedekah–Terikat secara parsial terhadap Total Liabilitas dan Dana di LAZNAS Rumah Zakat Foundation, dan pengaruh Kewajiban Imbalan Pasca Kerja dan Dana Infaq/Sedekah–Terikat secara simultan terhadap Total Liabilitas dan Dana di LAZNAS Rumah Zakat Foundation.Kerangka berfikir pada penelitian ini berdasarkan pada teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi Kewajiban Imbalan Pasca Kerja dan Dana Infaq/Sedekah–Terikat, maka semakin tinggi pula Total Liabilitas dan Dana.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan publikasi LAZNAS Rumah Zakat Foundation Periode 2010-2019 yang bersumber dari website resmi lembaga tersebut.Penelitian ini memperoleh hasil yang menyatakan bahwa Kewajiban Imbalan Pasca Kerja secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Total Liabilitas dan Dana dengan hasil koefisien determinasi sebesar 43,0%. Serta menyatakan bahwa Dana Infaq/Sedekah–Terikat secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Total Liabilitas dan Dana dengan hasil koefisien determinasi sebesar 1,12%. Dan juga menyatakan bahwa Kewajiban Imbalan Pasca Kerja dan Dana Infaq/Sedekah–Terikat secara simultan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Total Liabilitas dan Dana dengan hasil koefisien determinasi sebesar 48,2% di LAZNAS Rumah Zakat Foundation Periode 2010-2019.


Keywords


Kewajiban Imbalan Pasca Kerja; Dana Infaq/Sedekah–Terikat; Total Liabilitas dan Dana; Liabilities Employee Benefit; Infaq/Sedekah Restricted Funds; Total Liabilities And Funds

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Adi, M. P. (2018). Pengungkapan Pengelolaan Pengelolaan Imbalan Kerja Di Indonesia. Jurnal Online Vol 3 No 1.

Arine. (2016). Analisis Penerapan Imbalan Kerja: Kesesuaiannya Dengan PSAK 24 Revisi 2013 Tentang Imbalan Kerja. Jurnal Universitas Gajah Mada.

Azmi, S. N. (2019). Pengaruh Utang Usaha Pihak Berelasi Dan Kewajiban Imbalan Kerja Terhadap Total Liabilitas Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) (Studi PT. Hero Supermarket Tbk. Periode 2015-2016). Skripsi.

Dwitami, C. (2020). Pengaruh Deffered Tax Variabel Liabilities Dan Post Employee Benefit Obligation Terhadap Total Non Current Liabilities Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) (Studi Kasus PT. Fajar Surya Wisesa Tbk. Periode 2009-2018). Skripsi.

Editor. (2020, November 20). Pengaruh Ekonomi Syariah Dalam Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.

Retrieved From www.ibs.ac.id

IAI. (1994). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

IAI. (2011). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No 109 Tentang Akuntansi Zakat, Infaq/Sedekah.

Khasanah, U. (2005). Analisis Pengelolaan Dana Zakat Diindonesia. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Nasution, A. M. (2019). Pengaruh Liabilitas Jangka Pendek Dan Liabilitas Jangka Panjang Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakartaislamic Index (JII) (Studi PT. Indocement Tunggal Prakasa Tbk) Periode 2008-2017. Skripsi.

Purba, M. (2005). Akuntansi Imbalan Kerja Berdasarkan Undang - Undang Nomor 13 Tentang Ketenagakerjaan. Jakarta: Ray Indonesia.

Triono, J. (2018). Pengaruh Total Liabilitas Da Return On Asset Terhadap Total Asset (Studi PT. Konstruksi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Tahun 2012-2016). Skripsi.

Wardani, D. A. (2018). Pengaruh Total Liabilitas Dan Total Ekuitas Terhadap Laba Komprehensif Di PT. Bank Tabungan Pensiun Nasional Syariah Periode 2015-2019. Skripsi.

Zakat, T. P. (2005). Pedoman Akuntansi Pengelola Zakat. Jakarta: Forum Zakat.




DOI: https://doi.org/10.35194/arps.v3i1.3218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ar-Rihlah : Jurnal Study Perbankan Syariah INDEXED BY : 

   

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.