PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN: SEBUAH LITERATUR

Aulia Putri Utami, Arham Rasyid Andi Kunna, Sri Sundari, Afdal Madein

Abstract


ABSTRAK

Perusahaan memiliki tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Dalam jangka pendek perusahaan bertujuan untuk memaksimalkan laba saat ini, dan dalam jangka panjang bertujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Aktivitas corporate social responsbility yang dilakukan perusahaan berdampak terhadap peningkatan efisiensi keuangan perusahaan dan loyalitas dari konsumen maka profitabilitas perusahaan juga cenderung meningkat sehingga memberikan sinyal positif untuk menarik para investor menanamkan modalnya. Hal tersebut dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Dengan menggunakan metodologi tinjauan pustaka (systematic literature review) dan teknik analisis data empiris, beberapa penelitian sebelumnya menemukan bahwa pengungkapan corporate social responsibility dan profitabilitas dalam perusahaan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.

ABSTRACT

The company has short term and long term goals. In the short term the company aims to maximize current profits, and in the long term it aims to increase the value of the company. The purpose of this research is to analyze the effect of disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) and Profitability on firm value. The corporate social responsibility activities carried out by the company have an impact on increasing the company's financial efficiency and consumer loyalty, so the company's profitability also tends to increase thereby giving a positive signal to attract investors to invest. This can affect the value of the company. By using the systematic literature review methodology and empirical data analysis techniques, several previous studies found that disclosure of corporate social responsibility and profitability within a company has a positive and significant effect on firm value.


Keywords


Corporate social responsibility; Profitabilitas; Nilai Perusahaan; Corporate Social Responsibility; profitability; firm value

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Anindita, P. & Yuliati, R., 2017. Pengungkapan corporate social responsibility, profitabilitas dan nilai perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XX.

Candra, A. G. & Cipta, W., 2022. Pengaruh profitabilitas dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi Profesi, XIII(1).

Fitri, E. P. N. & Haryati, T., 2022. Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan. Al-Kharaj: Jurnal ekonomi, keuangan, dan bisnis syariah, IV(6), pp. 1935-1941.

Hamzah, A. & Widyawati, D., 2020. Pengaruh profitabilitas, pengungkapan corporate social responsibility, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, September(9).

Khofifah, D. N., Meiriasari, V. & Pebriani , R. A., 2022. Pengaruh corporate social responsibility, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi, III(1).

Meidona, S. & Angaini, M., 2019. Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di IDX30 periode 2012-2016. III(1).

Pohan, H. T., Noor, I. N. & Bhakti, Y. F., 2018. Pengaruh profitabilitas dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Jurnal Akuntansi Trisakti, V(1), pp. 41-52.

Purbawangsa, I. b. a., S., Fernandes, A. A. & Rahayu, S. M., 2019. Corporate governance, corporate profitability toward corporate social responsibility disclosure and corporate value (comparative study in Indonesia, China and India stock exchange in 2013-2016). Social responsibility journal.

Puspitaningrum, D., 2019. Pengaruh corporate social responsibility expenditure, corporate social responsibility disclosure, dan corporate governance terhadap nilai perusahaan. Syariah Paper.

Safira, F. & Widajantie, T. D., 2021. Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, XIV(1), pp. 103-112.

Saputra, M. R., Sumiati, A. & Zulaihati, S., 2022. Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi, Perpajakan dan Auditing, III(1), pp. 181-192.

Vonna, S. M. & Rahmazaniati, L., 2018. Pengaruh profitabilitas terhadap pengungkapan corporate social responsibility serta dampaknya terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang termasuk dalam indeks sri-kehati yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). AKBIS, pp. 71-80.

Wahyuni, AP, I. N. N. & Hidayati, S. A., 2018. Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility (CSR) sebagai variabel pemoderasi. Jurnal Magister Manajemen Unram, VII(2).

Wibowo, S. S. A. & Sabillilah, A., 2016. Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Ekspansi, 8(1), pp. 47-60.

Yuvianita, M., Ahmar, N. & Mandagie, Y. R. O., 2022. Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. JIAP, II(9), pp. 138-150.




DOI: https://doi.org/10.35194/arps.v3i1.2747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ar-Rihlah : Jurnal Study Perbankan Syariah INDEXED BY : 

   

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.