Nilai Religius dalam Novel "Titip Rindu ke Tanah Suci" Karya Aguk Irawan: Kajian Sosiologi Sastra

Vivian Nur Safitri, Candra Rahma Wijaya Putra

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan nilai religius yang terepresentasikan dalam novel “Titip Rindu ke Tanah Suciâ€. Penelitian dilakukan menggunkan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian yaitu novel. Fokus penelitian meliputi nilai-nilai religiusitas yang berhubungan manusia dengan Tuhan, manusia lain dan alam dan relevansi nilai religius dalam pembelajaran karya sastra di sekolah. Kedua aspek fokus tersebut diharapkan mampu melengkapi nilai-nilai religius yang saat ini banyak ditinggalkan oleh masyarakat maupun generasi muda. Penelitian diharapkan mampu mengingatkan seluruh masyarakat untuk selalu mewujudkan nilai-nilai religius dalam kehidupan sehari-hari. Nilai religius yang ditemukan dalam kajian ini meliputi rasa sabar menjadi manusia, memiliki akhlak yang mulia, dan menjadi manusia yang jujur.

Kata kunci: religius, sabar, mulia, dan jujur

Abstract:

This article describes the religious values represented in the novel "Titip Rindu ke Tanah Suci". The research was conducted using a qualitative approach. The data source in this research was novel. The focus of research includes 1. Religious values related to human with God, other humans and nature, 2. Relevance of religious values in learning literary works in schools. These two aspects of focus are expected to be able to complete the religious values that are currently neglected by society and younger generation. This research is expected to remind society to always implement religious values in their daily life. The religious values found in this study include a sense of patience as a human being, having noble attitude, and being an honest human being.

Keywords: religious, patient, noble, and honest



Full Text:

PDF

References


Aisah. 2016. “Nilai Religius pada Novel Kubah Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SMAN 2 Sukoharjo.†Naskah Publikasi : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Amin, Muhammad. 2016. “Sosialisasi Nilai-Nilai Agama di Kalangan Mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama UIN Sunan Kalijaga.†Jurnal Sosiologi Agama: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama dan Perubahan Sosial Volume 10(Nomor 2).

Amin, Surahman dan Siregar. 2015. “Ilmu Dan Orang Berilmu dalam Al-Quran: Makna Etimologis, Klasifikasinya, dan Tafsirnya.†Jurnal Emprisma Volume 24(Nomor 1).

Bakhri, Syamsul dan Alan Sigit Fibrianto. 2018. “Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dengan Tingkat Religiusitas Siswa SMA Negeri 1 Tangen (Perspektif Teori Sistem Sosial Talcott Parsons).†Jurnal Sosiologi Agama: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama dan Perubahan Sosial Volume 12(Nomor 1).

Bintari, Dantes, dan Sulastri. 2014. “Korelasi Konsep Diri dan Sikap Religiusitas Terhadap Kecenderungan Perilaku Menyimpang di Kalangan Siswa pada Kelas XI SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014.†E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling Volume 2(Nomor 1).

Dya Pradisukmawati, dan Eko Darminto. 2014. “Hubungan Antara Tingkat Religiusitas dengan Tingkat Aktivitas Seksual pada Remaja Akhir.†Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi Volume 1(Nomor 2).

Fitriani, Annisa. 2016. “Peran Religiusitas dalam Meningkatkan Psychological Well Being.†Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama Volume XI(Nomor 1).

Gunawan, Andry. 2018. “Nilai-Nilai Religius dalam Novel Ayat-Ayat Cinta 2 Karya Habiburrahman El Shirazy dan Rancangan Pembelajaran Sastra di SMA/MA.†Skripsi S1 : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Lampung.

Gunawan, Heri Indra. 2016. “Nilai Religius dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Atas (Kajian Struktural Genetik Dan Analisis Isi).†Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis Volume 2,.

Irawan, Aguk. 2017. Titip Rindu Ke Tanah Suci. Jakarta: Rupublika.

Lubis, M. Abduh. 2017. “Budaya dan Solidaritas Sosial dalam Kerukunan Umat Beragama di Tanah Karo.†Sosiologi Agama: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama dan Perubahan Sosial Vol. 11(Nomor 2).

Mulyani, Sri. 2019. “Peran Pembina Asrama dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Melalui Kegiatan Keagamaan pada Santri Putri Pondok Pesantren Nurul Islam Tengaran Tahun 2019.†Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Nuandri, dan Widayat. 3014. “Hubungan Antara Sikap Terhadap Religiusitas dengan Sikap Terhadap Kecenderungan Perilaku Seks Pranikah pada Remaja Akhir Yang Sedang Berpacaran Di Universitas Airlangga Surabaya.†Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial Volume 3(Nomor 2).

Nurmala, Lala. 2017. “Nilai-Nilai Religius Pembentuk Akhlak Mulia dalam Novel Assalamualaikum Beijing Karya Asma Nadia (Kajian Struktural Genetik).†UHAMKA Graduate School Thesis Abstract Collection Volume 2.

Palupi, Purwanto, dan Noviyani. 2013. “Pengaruh Religiusitas Terhadap Kenakalan Remaja.†Educational Psychology Journal Volume 2(Nomor 1).

Ratna, N. K. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Cetakan 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Reza, Iredho Fani. 2013. “Hubungan Antara Religiusitas dengan Moralitas pada Remaja di Madrasah Aliyah (MA).†Jurnal Humanitas Volume X(Nomor 2).

Samidi. 2016. “Tuhan, Manusia, dan Alam: Analisis Kitab Primbon Atassadhur Adammakna.†Shahih Journal of Islamicate Multidisciplinary Volume 1(Nomor 1):24.

Sari, Nazella Putri, Ali Mustofa, dan Munaris. 2018. “Nilai Religius dalam Novel Assalamulaikum Beijing Karya Asma Nadia dan Implikasinya.†Jurnal Kata (Bahasa,Sastra, dan Pembelajarannya).

Wulandari, Luluk. 2019. “Pengaruh Religiusitas Terhadap Perkembangan Moral Siswa Menengah Atas.†in Magister Psikologi. Malang: Prosiding Seminar Nasional & Call Paper.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v10i1.964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.