Penggunaan Model Picture and Picture dalam Pembelajaran Menulis Cerpen

Nurvani Fitriawati Musyafa

Abstract


Artikel ini membahas efektivitas model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Posttest Design Group Control Only. Teknik yang digunakan adalah tes dan angket. Populasi kelas XI SMK Pasundan 1 Cianjur. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran picture and picture efektif dan dikategorikan dengan baik untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek. Ditunjukkan pada kemampuan peserta didik kelas eksperimen yang diberi (perlakuan) memiliki nilai lebih tinggi dengan nilai (posttest) 72,38. Sedangkan kelas kontrol yang tidak diberikan (perlakuan) menghasilkan nilai (posttest) 64,43, dari hasil tes kelas memiliki nilai perbedaan 19,66. Dan jumlah jawaban kuesioner yang telah digunakan untuk peserta didik hampir 73% merasa bahwa model gambar difasilitasi pada penulisan, dan dianggap bahwa kegiatan menulis cerita pendek sangat menarik untuk dipelajari.

Kata kunci:  cerpen, menulis, picture and picture

This article discusses the effectiveness of picture and picture learning model in improving short story writing skills. The method used was experimental with Post test Design Group Control Only. The techniques used were test and questionnaire. The population was Class XI of SMK Pasundan 1 Cianjur. The results indicate that the picture and picture learning model is effective and well categorized to improve the ability to write short story. It is shown by the ability of experimental class students who were given (treatment) has higher score with the score (post test) of 72.38. While the control class that was not given (treatment) obtained score (post test) of 64.43, the result shows score difference of 19.66. And the number of questionnaire shows that almost 73% of students feel that picture model is facilitated in writing, and it is considered that the activity of writing short story is very interesting to learn.

Keywords: short story, writting, picture and picture


Full Text:

PDF

References


Dalman. Keterampilan Menulis. PT Taja Grafindo Persada, 2014.

Dwi Handayani, Ni Made, et al. “Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa.†Journal of Education Technology, vol. 1, no. 3, 2017, p. 176, doi:10.23887/jet.v1i3.12502.

Fansury, A. Hamzah, and Restu Januarty. “Model Pembelajaran Picture and Picture Dengan Media Games Android Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata Siswa Kelas VII SMPN 35 MAKASSAR.†Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 1, 2017, pp. 73–85.

Ferdiana, M. Dian, and Daud Pamungkas. “Penggunaan Penilaian Berbasis Kelas Dan Portofolio Dalam Menumbuhkan Minat Baca.†Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, vol. 8, no. 2, 2019, pp. 87–98.

Kamalawati, S. N. A. Penerapan Pendekatan Saintifik Bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Di Kelas VII SMP Negeri 2 Cianjur Tahun Ajar 2014-2015. 2015.

Kuswanto, Hendri, et al. “Efektivitas Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa IPS.†JPG (Jurnal Penelitian Geografi), vol. 5, no. 1, 2017, pp. 2–11.

Nurhilal. “Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn.†Jurnal Global Edukasi, vol. I, no. 3, 2017, pp. 430 – 433.

Pratiwi, Anggi, et al. “Efektivitas Penggunaan Model Picture and Picture Dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII/B MTS Negeri Sijenjang Kota Jambi Tahun Ajaran 2016/2017.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, vol. 1, no. 2, 2018, pp. 84–91, http://aksara.unbari.ac.id/index.php/aksara/article/view/37.

Puspitasari, Nur, and Cinde Adia Diningsih. “Using Picture And Picture Model To Improve Writting Short Story.†Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, vol. 7, no. 2, 2018, pp. 112–19, doi:10.35194/alinea.v1i3.407.

Sa’adah, Jamilatus. “Metode Pembelajaran ‘Picture and Picture’ Dalam Menulis Teks Cerita Fiksi Novel Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas X11 Semester 2 Kurikulum 2013.†Bahastra, vol. 37, no. 1, 2017, p. 45, doi:10.26555/bahastra.v37i1.5958.

Saniati, Riris, et al. “Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Puring Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2017/2018.†Surya Bahtera, vol. 6, no. 50, 2018, pp. 79–86, http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/viewFile/5218/4768.

Sudaryono. Metodologi Penelitian. Raja Grafindo Persada, 2017.

Sul, A. Tenri Dikmaliyani. Keefektifan Penggunaan Model Picture and Picture Terhadap Hasil Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Makassar. Universitas Negeri Makasar, 2018, http://eprints.unm.ac.id/11954/.

Sumardjo, Jakob. Menulis Cerpen. Pustaka Pelajar, 2007.

Wiwik Yully, Widyawati. “Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Keterampilan Menulis Untuk Tingkat Universitas.†Jurnal Kredo, vol. 2, no. 2, 2019, pp. 226–41.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.