Penerapan Instrumen Penilaian Diri pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII MTs Al-Awwabin Bedahan

Regita Oktiana Rahmadani*, Hanna Maulida Syifa, Nur Syamsiyah

Abstract


This article will describe the application of self-assessment instruments in class VIII Indonesian language subjects at MTs Al Awwabin Surgery. The research technique uses field observation. Research data collection uses a questionnaire. The questionnaire contains 10 statements related to self-assessment using a Likert scale. The population of class VII students at MTs Al-Awwabin Surgery is 13 students. Data were analyzed using non-test assessment theory in the form of self-assessment techniques. The results of this research found that the percentage of self-assessment in class VIII Indonesian language subjects at MTs Al-Awwabin Surgeryan obtained the highest percentage level in statement 5, namely 94% of students were able to respect the opinions of friends in the group. Meanwhile, the lowest percentage level obtained in statement 1 was 75% of students actively involved in group work..

Keywords: Indonesian; non-test; self-assessment

Abstrak

Artikel ini akan mendeskripsikan  penerapan instrumen penilaian diri pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di MTs Al Awwabin Bedahan. Teknik penelitian menggunakan observasi lapangan. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket. Angket tersebut berisi 10 pernyataan yang berkaitan dengan penilaian diri dengan menggunakan skala likert. Populasi siswa kelas VII MTs Al-Awwabin Bedahan yang berjumlah 13 siswa. Data dianalisis menggunakan teori penilaian nontes berupa teknik penilaian diri. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa persentase penilaian diri pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di MTs Al-Awwabin Bedahan diperoleh tingkat persentase tertinggi pada pernyataan 5 sebesar 94% siswa mampu menghargai pendapat teman dalam kelompok. Sementara itu, diperoleh tingkat persentase terendah pada pernyataan 1 sebesar 75% siswa terlibat aktif dalam bekerja kelompok

Katakuncibahasa Indonesia; nontes; penilaian diri



Full Text:

PDF

References


Agustin, A., Suryono, H., & Yuliandari, E. (2017). “Teknik Penilaian Diri Berbasis Google Form pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraanâ€. PKN Progresif, 12 (1), 482-491.

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi & Safruddin, Cepi. 2014. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Endrayanto, H. Y. S., dan Harumurti, Y. W. 2014. Penilaian Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: PT Kanisius.

Farida, Ida. Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Febriana, Rina. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Febriani, W. D., Sidik, G. S., & Zahrah, R. F. 2020. “Analisis Pengelolaan Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasarâ€. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1), 60-72.

Gaol, P. L., Khumaedi, M., & Masrukan, M. (2017). “Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertamaâ€. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 63-70.

Kusuma, Mohtar. (2010). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Multi Kreasi Satudelapan.

Nurgiyantoro, Burhan. 2018. Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhadi dan Suwardi. 2010. Evaluasi Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.

Rasyid, Harun dan Mansur, Mansur. 2019. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.

Rukajat, Ajat. 2018. Teknik Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sani, R. A. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudaryono, Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

……………………...... 2014. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Barat: Lentera Ilmu Cendekia.

Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wisman, Y., Effrata, E., & Tutesa, T. 2021. “Penerapan Konsep Instrumen Evaluasi Hasil Belajarâ€. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1), 1-9.

Yuliani, Wiwin, 2018. “Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konselingâ€. Jurnal Quanta, 2(2)

Yusuf, A. M. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v13i1.3902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.