Kohesi Gramatikal pada Autobiografi dan Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar di Perguruan Tinggi

Rani Setiawaty

Abstract


Writing an autobiography is a way to express a prisoner's feelings, desires, desires and hopes. This article will describe grammatical cohesion in prisoner autobiographies and its implications as teaching material. The research approach used is descriptive qualitative. Research data is in the form of language units, including words, phrases, clauses and sentences that contain grammatical cohesion devices. The data source is an autobiography written by a prisoner at the Class IA Prison in Surakarta. The data collection method is carried out using documentation techniques. Meanwhile, the data analysis technique uses the matching and adding method. The research results show firstly, the grammatical cohesion contained in prisoners' autobiographies is in the form of references, substitutions, conjunctions and ellipsis. Second, the results of the findings of this research can be used as teaching material for Scientific Indonesian language courses which include learning related to the use of cohesion to create coherence and integrity of paragraphs.

Keywords: autobiography; cohesion; teaching materials; prisoner

Abastrak

Menulis autobiografi merupakan cara untuk mengekspresikan perasaan, kehendak, hasrat, dan harapan narapidana. Artikel ini, akan mendeskripsikan yaitu kohesi gramatikal dalam autobiografi narapidana dan implikasinya sebagai materi ajar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa satuan bahasa baik kata, frasa, klausa maupun kalimat yang mengandung piranti kohesi gramatikal. Sumber data berupa autobiografi yang ditulis oleh narapidana di Lapas Kelas IA Surakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Adapun, teknik analisis data menggunakan metode padan dan agih. Hasil penelitian menujukkan pertama, kohesi gramatikal yang terdapat dalam autobiografi narapidana berupa referensi, subtitusi, konjungsi, dan elipsis. Kedua, hasil temuan penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai materi ajar mata kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan yang didalamnya terdapat pembelajaran yang berkaitan dengan penggunaan kohesi untuk mmenciptakan kepaduan dan keutuhan paragraf.

Kata Kunci: kohesi gramatikal, autobiografi, narapidana, materi ajar

 


Full Text:

PDF

References


Afrianto, A. (2017). Grammatical Cohesion in Students’ Writing: a Case At Universitas Teknokrat Indonesia. LEKSEMA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 2(2), 97. https://doi.org/10.22515/ljbs.v2i2.899

Ahmadi, I. K., Amri, S., & Elisah, T. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ali, M. E. E. (2017). The Role of the Anaphoric Referential relations in Facilitating Reading. International Journal of Education and Research, 5(2), 173–180. https://ijern.com/journal/2017/February-2017/14.pdf

Asna, S. (2018). Kohesi dan Koherensi pada Wacana Berita Harian Kendari Pos Edisi Mei 2018. Jurnal Cakrawala Listra, 1 (2), 1-17. http://journal.fib.uho.ac.id/index.php/cakrawalalistra/article/view/1355

Awwad, M. (2017). Exophoric and Endophoric Awareness. Arab World English Journal (AWEJ), 8(3), 28–45. https://doi.org/10.24093/awej/vol8no3.3

Dwinuryati, Y., Andayani, A., & Winarni, R. (2018). Analisis Kohesi Gramatikal dan Leksikal pada Teks Eksposisi Siswa Kelas 10 Sekolah Menengah Atas. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 61–69. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p61-69

Elis, E. R. (2013). Kohesi dan Koherensi Teks Sandosa Lakon Sokrasana Dalam Penelitian Kualitatif. Gelar: Jurnal Seni Budaya, 11(2), 149–160. https://doi.org/10.33153/glr.v11i2.1455

Fitriyanti, R., & Setyaningtias, E. W. (2017). Pengaruh Metode Chain Writing Terhadap Hasil Belajar Menulis Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 276–282. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p276-282

Goziyah, G., & Rizka Insani, H. (2018). Kohesi dan Koherensi dalam Koran Bisnis Indonesia dengan Judul Kemenperin Jamin Serap Garam Rakyat. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(1), 138–153. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.21

Hartanto, B. (2015). Analisis Unsur Kohesi dalam Wacana Bahasa SMS (Short Message Service). Indonesian Language Education and Literature, 1(1), 90–106. https://doi.org/10.24235/ileal.v1i1.74

Jamzaroh. (2012). Analisis Gramatikal Kumpulan Lagu-Lagu Karya Ebiet G. Ade: Kajian Analisis Wacana. Jurnal Sawerigading, 18(1), 131–142. https://doi.org/10.26499/sawer.v18i1.361

Kridalaksana, H. (2010). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Maryadi, Sabardila, A., Prihartanti, N., & Markhamah. (2009). Model Penggalian Potensi Menulis Melalui Penulisan Otobiografi. Jurnal Penelitian Humaniora, 10(1), 45–55. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/638/4. MARYADI.pdf;sequence=1

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhyidin, A. (2018). Referensi Endofora dalam Novel Laguna Karya Iwok Abqary dan Implikasinya Bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Litera, 17(3), 299–315. https://doi.org/10.21831/ltr.v17i3.20078

Mulyana. (2005). Kajian Wacana: Teori, Metode, dan Aplikasi Prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wicana.

Purnama, S. I., & Ririn, S. (2018). Aspek Gramatikal dan Leksikal Pada Lirik Lagu “Aku Cinta Allah†Group Band Wali. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(November), 129–134. https://doi.org/10.29408/sbs.v1i2.1040

Putra, A. H. M. (2014). Analisis Kohesi Gramatikal dan Leksikal dalam Novel Kirti Njunjung Drajat Karya R. Tg. Jasawidagda. Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa_Universitas Muhammadiyah Purworejo, 4(1), 45–50. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/aditya/article/viewFile/ 1175/1109

Rani, A., Bustanul A., & Martutik. (2006). Analisis Wacana. Jawa Timur: Bayu Media Publishing.

Resgita, B., & Zultiyanti. (2022). Penggunaan Konjungsi Subordinatif dalam Kumpulan Cerita Rakyat Belitung. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 10(1), 106–118. https://doi.org/10.35194/alinea.v11i1.1633

Riyanto, S. (2015). Bentuk Pengacuan dalam Wacana Media Massa Cetak. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), 70–80. http://journals.ums.ac.id/index.php/ humaniora/article/download/1860/1307

Sabardila, A. & Nanik P. (2011). Penulisan Obiografi sebagai Alat Ungkap Masalah pada Siswa di Sekolah. Laporan Penelitian Fundamental. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Samsiyah, N., & Cahya, W. A. (2018). Analisis Tekstual dan Kontekstual dalam Bahan Bacaan Literasi Bahasa Jawa SD Kelas 4 Di Kabupaten Madiun. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), 184–203. https://doi.org/10.26740/parama.v5i2.3628

Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi : Sebuah Upaya Membangun Ketrampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. An-Nida’: Jurnal Pemikiran Islam, 40(2), 110–117. https://doi.org/10.24014/an-nida.v40i2.1500

Saud, W. I. (2015). Cohesion in the Descriptive Writing of EFL Undergraduates. International Journal of Humanities and Cultural Studies, 2(2), 440–450. http://ijhcschiefeditor.wix.com/ijhcshttp://ijhcschiefeditor.wix.com/ijhcs

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistik. Yogyakarta: Sanata Dharma Universitas Press.

Sudigdo, A., & Sumarlam. (2015). Tinjauan Tekstual dan Kontekstual Analisis Lirik Lagu Kala Cinta Menggoda Karya Guruh Soekarno Putra. Jurnal Sasindo, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.26877/sasindo.v3i1.1380

Sudirman, A., & Tiasari, L. (2017). Cohesion in Undergraduate Theses: A Discourse Analysis. International Journal of Science and Research (IJSR), 6(11), 1851–1856. https://doi.org/10.21275/ART20178166

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumarlam, (Ed). (2009). Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta. Pustaka Cakra.

Trnavac, R., & Taboada, M. (2016). Cataphora, Backgrounding and Accessibility in Discourse. Journal of Pragmatics, 93, 68–84. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2015.12.008

Widiatmoko, W. (2015). Analisis Kohesi dan Koherensi Wacana Berita Rubrik Nasional di Majalah Online Detik. Jurnal Sastra Indonesia, 4(1), 1–7. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi/article/view/7359




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v12i2.2913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.