Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Agnes Dwi Amalia, Denik Wirawati

Abstract


The use of digital technology in the Indonesian language teaching and learning process has become something relatively common nowadays. This article will describe the utilization, usage, and learning outcomes of digital technology in Class XI Indonesian language learning at SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari. This type of research is descriptive qualitative. The subjects of this research are Indonesian language teachers and students. Data collection techniques include interviews, observation, questionnaires, and documentation studies. The instrument of this research is the researcher. The results of this research are (1) the use of digital technology is applied in learning, especially in scientific work material and reviews, starting from giving trigger questions, and delivering the material, to assignments and daily assessments (2) the technology used in delivering the material is the WhatsApp group, Mentimeter, YouTube, PowerPoint (PPT), Google Forms, Portable Document Format (PDF), Internet, Microsoft Word, and Random Team Generator (3) learning outcomes can be said to be successful based on daily assessments and assignments that exceed the 7 mark which is the KKM according to the provisions.

Keywodrs: Indonesian; digital; use of technology

Pemanfaatan teknologi digital pada proses ajar-mengajar Bahasa Indonesia menjadi sesuatu yang nisbi saat ini. Artikel ini akan mendeskripsikan pemanfaatan, penggunaan, dan hasil belajar teknologi digital pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI di SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru Bahasa Indonesia dan peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, angket, dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian ini yaitu peneliti. Hasil penelitian ini adalah (1) pemanfaatan teknologi digital diterapkan dalam pembelajaran  khususnya pada materi karya ilmiah dan resensi mulai ketika memberikan pertanyaan pemantik, penyampaian materi, sampai pada penugasan serta penilaian harian (2)  teknologi yang digunakan dalam penyampaian materi yaitu grup WhatsApp, Mentimeter, Youtube, Power Point (PPT), Google Forms, Portable Document Format (PDF), Internet, Microsoft Word, dan Random Team Generator (3) hasil belajar dapat dikatakan berhasil berdasarkan penilaian harian dan penugasan yang melampaui nilai 7 yang menjadi KKM sesuai ketentuan.

Kata kunci: bahasa Indonesia; digital; pemanfaatan teknologi


Full Text:

PDF

References


Amanullah, Muhammad Abror. “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0.†Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 2020, hlm. 37–44, http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index.

Darmawan, Deni. Teknologi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Desmirasari, Resa, dan Yunisa Oktavia. “Pentingnya Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi.†Alinea, vol. 02, no. 01, 2022, hlm. 201–06, http://ejournal.baleliterasi.org/index.php/alinea.

Farida, Estin. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar {457 Media Pembelajaran Teknologi Digital Untuk.

Heryani, Ani, dkk. “Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi.†Jurnal Pendidikan, vol. 31, no. 1, Maret 2022, hlm. 17, doi:10.32585/jp.v31i1.1977.

Pribadi, Benny A. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Prenadamedia, 2027.

Rahadian, Dian. “Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Kompetensi Teknologi Pembelajaran untuk Pengajaran yang Berkualitas.†Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 2, no. 1, 2017, hlm. 234–54.

Sarbaini, Weni, dkk. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital di SDN 101835 Bingkawan Kecamatan Sibolangit.†Mahesacenter, vol. 1, no. 1, 2022, doi:10.34007/ppd.v1i1.164.

Simarmata, Janner dkk. Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Manajemen. Yayasan Kita Menulis, 2020.

Siregar, Zakaria, dan Topan Biliandro Marpaung. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran di Sekolah.†Best Jurnal, vol. 3, no. 1, 2020, hlm. 61–69.

Sitepu, Ekalias Noka. “Media Pembelajaran Berbasis Digital.†Mahesacenter, vol. 1, no. 1, 2021, doi:10.34007/ppd.v1i1.195.

Okra, Riri, dan Novera Yulia. “Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Yulia Novera.†Journal of Educational Studies, vol. 4, no. 2, 2019.

Suryadi, Ahmad. Teknologi dan Media Pembelajaran julid I. CV Jejak, 2020.

Widianto, Edi, dkk. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.†Journal of Education and Teaching, vol. 2, no. 2, 2021, http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JETE.

Wisnu Saputra, Putu, dkk. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Di Masa Covid-19.†Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka raya, no. 3, 2021, https://prosiding.iahntp.ac.id.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v12i2.2418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.