PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PRODUK WEDANG UWUH DI CV SALAMA NUSANTARA

Wiwin Maroah, Ananti Yekti, Rika Nalinda

Abstract


CV Salama Nusantara merupakan perusahaan yang memproduksi produk olahan tanaman biofarmaka salah satunya produk wedang uwuh dan memanfaatkan instagram sebagai media promosinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi media sosial instagram terhadap minat beli produk wedang uwuh di CV Salama Nusantara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari – Juni tahun 2023. Pendekatan deskriptif kuantitatif dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah pengikut akun instagram @wedanguwuh_salamanusantara dan jumlah sampel sebanyak 63 responden dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Hasil analisis menunjukan bahwa promosi media sosial instagram berpengaruh terhadap minat beli produk wedang uwuh. Hal ini di dukung dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan t-hitung sebesar 7,410 > 2,000 atau lebih besar dari t-tabel yang artinya promosi media sosial berpengaruh secara positif terhadap minat beli dan hasil koefisien determinasi sebesar 4,47% artinya tingkat pengaruhnya sebesar 4,47%.


Keywords


Promosi, Instagram, Minat beli

References


Aisyah, N. J. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Produk Indomie (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Bekasi) (Vol. 3, Issue Desember).

Franky Reitje Tulungen. (2019). Cengkeh Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Manusia Melalui Pendekatan Competitive Intelligence. Biofarmasetikal Tropis, 158–169.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Edisi 8.BP- UNDIP. Semarang

Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara.

Aryanta. (2019). Manfaat Jahe Untuk Kesehatan. E-Jurnal Widya Kesehatan, 39–43.

Kamelia & P. Yosi Silalahi. (2018). Buah Pala Sebagai Salah Satu Fitofarmaka Yang Menjanjikan Di Masa Depan. Molucca Medica, 11, 96–101.

Agustian, M. (2019). Pengaruh Minat Beli Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Analisis Aktivitas Belanja Online Shop Mahasiswa UIN SUSKA Riau Menurut Perspektif Ekonomi Islam. UIN SUSKA RIAU.

Adenia, Nia. (2019). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Offline Pada Toko RR Stuff Di Bengkulu (Studi Kasus Mahasiswa FEBI). IAIN Bengkulu.

Nursofia, Y., Sani, F., Farmasi, Y. J., & Jambi, U. (2021). Uji Toksistas Akut Ekstrak Etanol Daun Kayu Manis (Cinnamomum burmanii) pada Fungsi Hati Tikus Putih (Mus musculus L.) Betina. Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 6(2). https://doi.org/10.36387/jiis.v6i2.720.

Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. In Jurnal Communication VIII, Nomor (Vol. 1). http://techno.okezone.com/read/2016/0.

Putri, R. Y., & Wardhana, A. (2017). Analisis Faktor Faktor Media Sosial Instagram Dakken Restaurant Bandung. E-Proceding of Management, 5.

Sari, & Suhartati. (2016). Secang (Caesalpinia sappan L.) : Tumbuhan Herbal Kaya Antioksidan.

Buletin Eboni, 57–67.

Repi, N. B., Mambo, C., & Wuisan, J. (2016). Uji efek antibakteri ekstrak kulit kayu manis (Cinnamomum burmannii) terhadap Escherichia coli dan Streptococcus pyogenes. In Jurnal e-Biomedik (eBm) (Vol. 4, Issue 1).

Sari, Intan Novita, & Syahputra. (2021). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Kripik_belings. E-Proceeding of Management, Vol.8, No.4. Universitas Telkom, Bandung

Mustofiyah. (2022). Analisis Perdagangan Komoditas Kapulaga Di Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang. In Analisis Perdagangan Komoditas Kapulaga Di Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang. UIN KHAS Jember.

Sri Suryaningsum, & Anies Siti Hartati. (2019). Peningkatan Kualitas Produksi Usaha Wedang Uwuh untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Dusun Kerten Imogiri Bantul.

We Are Social. (2022). Pengguna Media Sosial Di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Data Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v5i2.3554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.