ANALISIS LAPORAN AKUNTANBILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH PADA BADAN PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN CIANJUR

Indra Muhammad Syarief Hidayat, Della Nurseptiani, Faisal Faisal

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang banyaknya kejadian korupsi, kolusi dan nepotisme yang semakin merajalela di lingkungan instansi pemerintahan, sehingga banyak realisasi pekerjaan yang tidak mencapai target yang telah ditentukan pada periode tertentu. Hal ini juga mengakibatkan banyaknya pihak yang menyoroti terhadap akuntabilitas pemerintahan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) yang disajikan apakah telah memenuhi fungsinya sebagai alat penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban serta sesuai dengan PERMENPAN & RB Nomor 53 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dalam pemaparan dari setiap indikator yang didapat dari laporan Akuntabilitas Keuangan Instansi Pemerintah  Kabupaten Cianjur. Adapun data yang digunakan oleh penulis adalah data kualitatif yang diperoleh dari website Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Cianjur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang disajikan oleh Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Cianjur bersifat informatif dan telah sesuai dengan yang diamanatkan oleh PERMENPAN & RB Nomor 53 Tahun 2014.

 

ABSTRACT

This research was conducted against the background of the many incidents of corruption, collusion and nepotism that are increasingly rampant in government agencies, so that many work realizations do not reach the predetermined targets in a certain period. This has also resulted in many parties highlighting government accountability. The purpose of this research is to find out and analyze the Government Agency Performance Accountability Report (LAKIP) presented whether it has fulfilled its function as an administrative, reporting and accountability tool and is in accordance with PERMENPAN & RB Number 53 of 2014 concerning Technical Guidelines for Performance Agreements, Performance Reporting and Governance How to Review Government Agency Performance Reports. The method used in this study is a descriptive method in the exposure of each indicator obtained from the Financial Accountability Report of the Cianjur Regency Government Agencies. The data used by the author is qualitative data obtained from the website of the Regional Revenue Management Agency of Cianjur Regency. The results of this study indicate that the Performance Accountability Reportof Government Agencies presented by the Regional Revenue Management Agency of Cianjur Regency is informative and has been in accordance with the mandate of PERMENPAN & RB Number 53 of 2014.


Keywords


Akuntabilitas; Penilaian Kinerja; BPPD; Accountability; Performance Asseesment; BPPD;

References


REFERENSI

Bastian, Indra. 2007. Audit Sektor Publik. Erlangga. Jakarta.

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKJIP) Tahun 2018, Kecamatan Campaka

Mangkuprawira, Shafry. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Nordiawan, Deddi. 2006. Akuntansi Sektor Publik. Salemba Empat. Jakarta.

PERMENPAN & RB Nomor 53 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah

Santoso, Susan. Analisis Laporan Akuntabilitas Kinerja Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA Volume 1 Nomor 4 Desember 2013. ISSN 2303-1174.




DOI: https://doi.org/10.35194/ajaki.v1i1.1664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Aksyana : Jurnal Study Akuntansi Syariah INDEXED BY :

 Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.