Analisis Kesalahan Siswa Dengan Gaya Belajar Visual DalamMenyelesaikan SPLDV Berdasarkan Tahapan Newman

Sri Hariyani, Yustinus Partinggi, Timbul Yuwono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa yang bergaya belajar visual dalam menyelesaikan sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) berdasarkan tahapan Newman. Kesalahan siswa yang bergaya belajar visual dianalisis berdasarkan tahapan Newman yang terdiri dari 5 tahap yaitu: (1) membaca (Reading), (2) memahami (Comprehension), (3) transformasi (Transformation), (4) ketrampilan proses (Process Skill) dan (5) penulisan jawaban akhir (Encoding). Jenis penelitian yaitu deskripsif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner  gaya belajar, tes tulis dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS yang berjumlah 21 orang, kemudian 8 siswa yang bergaya belajar visual diambil 6 siswa yang terdiri dari masing-masing 2 siswa dari kelompok tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kesalahan siswa yang bergaya belajar visual berdasarkan tahapan Newman yaitu persentase kesalahan tahap membaca (Reading) sebesar 44,44%, kesalahan tahap memahami (Comprehension) sebesar 50%, kesalahan tahap transformasi (transformation) sebesar 50%, kesalahan tahap ketrampilan proses (procces skill) sebesar 77,78%, dan kesalahan tahap penulisan jawaban akhir (encoding) sebesar 88,88%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa siswa yang bergaya belajar visual masih melakukan kesalahan membaca (Reading), kesalahan memahami (Comprehension), kesalahan transformasi (Transformation), kesalahan ketrampilan proses (Process Skill) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (Encoding).


Full Text:

PDF

References


Bire, A,L & dkk. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan KinestetikTerhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2): 168-174.

Fatahillah, A& Wati, Y.F, Susanto. (2017).Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding Yang Diberikan. KadikmA, 8(1): 4-45.

Hariyani, S. (2018). Errors Identification In Solving Arithmetic Problems. In Proceedings of the Annual Conference on Social Sciences and Humanities (ANCOSH) - Revitalization of Local Wisdom in Global and Competitive Era: 357-360 ISBN: 978-989-758-343-8.

Haryati, T & dkk. (2016).Analisis Kesalahan Siswa Smp Kelas Vii Dalam MenyelesaikanSoal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan ProsedurNewman. UNNES Journal of Mathematics Education,5(1): 8-15.

Hasibuan, I. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Banda AcehTahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, 4(1):5-11.

Islamiyah, A.C. Dkk. (2018).Analisis Kesalahan Siswa SMP Pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal didaktik matematika, 5(1):66-76.

Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis. Jurnal Paradikma, 8(1):37-51.

Putri, A.M & Budiarto, M.T. (2017). Analisis Kesalahan SiswaSMPdalamMenyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Serta Upaya Untuk Mengatasinya Menggunakan Scaffolding. MATHEdunesa (Jurnal ilmiah pendidikan matematika), 2(6):277-285.

Rahayuningsih, P&Qohar,A. (2014). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV (Sistem Persamaan Linier Dua Variabel) Dan Scaffoldingnya Berdasarkan Tahapan Analisis Kesalahan Newman Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Malang.Jurnal pendidikan matematika dan Sains, 2 (2):109-116.

Sari, A.K. (2014). Analisis karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Jurnal ilmiah edutic, 1(1):1-12.

Sudardiningsih, G.W & dkk. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. RAINSTEK (Jurnal Terapan Sains & Teknologi). 1(2): 41-45.

Siswndi, E. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam MenyelesaikanMasalah Matematika Kontekstual Pada MateriSegiempat Berdasarkan Analisis NewmanDitinjau Dari Perbedaan Gender(Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMPN 20 Surakarta). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(7): 633-643.

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukadi. (2014). Progressive Learning. Bandung: Niaga Qolbun Salim.

White, A.L. (2010). Numeracy And Newman’s Error Analysis. Journal Of Science And Mathematics Education in Southeas Asia,33(2): 129-148.




DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v2i2.710

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/ts.v2i2.710.g1839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :