RESPON SISWA TERHADAP BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS LAMPUNGNESE ETNOMATEMATICS

Endah Wulantina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar matematika berbasis Lampungnese Etnomatematics. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: 1) Penyusunan Instrumen Penelitian; 2) Melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar matematika berbasis Lampungnese Etnomatematics; 3) Pengumpulan data dan pengolahan data; 4) Penarikan Kesimpulan. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV SD Negeri 3 Kemiling Permai. Angket yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 5 indikator yaitu ketertarikan, motivasi, kepuasan, penilaian, dan tanggapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata respon siswa diperoleh 86,4%, ini berarti siswa memberikan respon positif terhadap bahan ajar matematika berbasis Lampungnese Etnomatematics.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v2i2.707

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/ts.v2i2.707.g1841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :