PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MAKROMEDIA FLASH DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA HASIL BELAJAR SISWA

Marchamah Ulfa, Very Hendra Saputra

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran macromedia flash dengan pendekatan matematika realistik (PMRI) pada hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA di Bandarlampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan pre tes dan post test hasil belajar. Pengujian hipotesis menggunakan uji T kesamaan dua rata-rata dengan taraf signifikansi 5%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penerapan media pembelajaran macromedia flash dengan pendekatan matematika realistik (PMRI) pada hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh diperoleh dari perhitungan N gain yaitu 0,82 dengan kriteria tinggi. Selain itu, rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran macromedia flash dengan pendekatan matematika realistik adalah 85,95 dengan simpangan baku 5,9. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa. Selain karena memudahkan guru dalam mengajar, media  pembelajaran ini juga dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih giat.

Full Text:

PDF

References


Dharma, S. (2017). Pembelajaran Inovatif Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017.

Fakhri, M.I., Bektiarso, S., & Supeno. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbantuan Macromedia Flash Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Momentum, Impuls, Dan Tumbukan Kelas X SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3), 271-277.

Jalinus, Alim, J. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Komputer Pada Topik Bilangan Bulat Untuk Siswa SD Pendidikan Matematika FKIP UNRI. Jurnal Tunjuk Ajar, 1(1).

Karimah, A; Rusdi; & Fachruddin, M. (2017). Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial Pada Materi Garis Dan Sudut Untuk Siswa SMP/MTS Kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1).

Komariah, dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa Smp Berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43-52.

Laurens, T., Batlolona, FA., Batlolona, JR., & Laesa, M. (2018). How Does Realistic Mathematics Education (RME) Improve Students’ Mathematics Cognitive Achievement?. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569-578. doi: 10.12973/ejmste/76959.

Liberna, H., Nusantari, D.O. (2018). The Influence of Macromedia Flash Learning on the Students’ Mathematic Concept Understanding. Journal of Mathematics Education, 3(1), 1-6.

Masykur, R., Nofrizal, & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186.

Mustamin, S. (2017). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik. Lentera Pendidikan, (20)2, 231-239.

Rahayu, R. 2017. Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Membangun Disposisi Matematis Dan Karakter Cinta Tanah Air. Prosiding Seminar Nasional 15 Maret 2017.

Ramadhani, M., Caswita. (2017). Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2017 UIN Raden Intan Lampung. 6 Mei 2017.

Syahroni, Nurfitriyanti, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika, Mateti Bilangan pada Kelas 3 SD. Jurnal Formatif, 7(3), 262-271.

Wahyuni, N., Jailani, J. (2017). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 5(2), 151-159. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v5i2.7785.

Wahyuningtyas, N., Normaningsih, N., & Sagirani, T. (2017). Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Serious Games (Games Education) untuk Belajar Menulis. Jatisi, 4(1).

Warsito, MB., Djunaidi. (2016). Pengembangan E-Learning berbasis Schoology pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 4(1).

Wulandari, D. (2016). Model Pembelajaran Yang Menyenangkan Berbasis Peminatan. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang, 6(2), 851-856.

Yaumi, M. (2016). Terminologi Teknologi Pembelajaran: Suatu Tinjauan Historis, 5(1), 191-208.

Yori, A.T.; Purwandari; & Kartikawati, S. (2017). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Macromedia Flash Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Proteksi Sistem Tenaga Listrik. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2(2), 1-6.

Zakaria, E., Syamaun, M. (2017). The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Students’ Achievement And Attitudes Towards Mathematics. Mathematics Education Trends and Research 2017, No.1 (2017), 32-40.

Zulyadaini. (2017). Development of Student Worksheets Based Realistic Mathematics Education (RME). International Journal of Engineering Research and Development, 13(9), 1-14.




DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v2i1.660

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/ts.v2i1.660.g541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :