Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH)

Elah Elah, Guntur Maulana Muhammad

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran course review horay lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, dan untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran course review horay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP PGRI 1 CIANJUR kelas 7A sebagai kelas eksperimen dan kelas 7B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes uraian dan angket siswa. Data yang diperoleh dari penelitian ini diolah dan dianalisis dengan menggunakan software SPSS versi 24, Hasil analisis data statistik menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh kelompok eksperimen yaitu tes awal sebesar 5,75 dan tes akhir sebesar 20,90, sedangkan kelompok kontrol tes awal sebesar 5,05 dan tes akhir sebesar 13,80. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran course review horay lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Begitupun berdasarkan hasil analisis angket menunjukkan bahwa pada umumnya siswa bersikap positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat sikap positif siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran course review horay.

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Khuluqo, I. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Prahmana, R. C. I. dkk. 2015. Mengenal Matematika Lebih Dekat. Yogyakarta : Ruko Jambusari 7A

Sumaryati, A. S dan Dwi U. H. 2015. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta. Jurnal Derivat; Vol 2 No.2 Desember 2015. [Online]. Tersedia : httpsmedia.neliti.commediapublications76288-ID-none.pdf.[29 Mei 2015]

Wardhani, S. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan.[Online]. Tersedia : httpp4tkmatematika.orgfilePRODUKPAKET%20FASILITASISMPAnalisis%20SI%20dan%20SKL%20Matematika%20SMP.pdf [29 Mei 2018]

Huda, M. 2014. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v2i1.657

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/ts.v2i1.657.g549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :