MATHEMATICS EDUTAINMENT DALAM BENTUK APLIKASI ANDROID

Putri Sukma Dewi, Sanriomi Sintaro

Abstract


Revolusi industri 4.0 menuntut pendidikan memberi respon cepat untuk menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif. Pendidikan perlu mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi mathematics edutainment yang menarik dan edukatif dalam mata pelajaran matematika. Aplikasi ini berbasis android yang diharapkan dapat efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan fleksibel dalam waktu, tempat dan kondisi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan tujuan mengembangkan suatu produk mathematics edutainment menggunakan program Construct 2. Dalam pengembangannya menggunakan langkah R&D, hasil penelitian ini diharapkan dapat menghasilnya sebuah aplikasi yang dapat membantu pembelajaran matematika.


Full Text:

PDF

References


Ahmar, A.S., dan Rahman, A. (2017). Development of Teaching Material Using an Android.Global Journal of Engineering Education. Vol 19 No 1 2017

Anonim. (2015). Android (Sistem Operasi). (Online). (https://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi)) diakses pada 22 Agustus 2018

Anonim. (2018). Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. (Online). (https://ristekdikti.go.id/pengembangan-iptek-dan-pendidikan-tinggi-di-era-revolusi-industri-4-0/) diakses pada 22 Agustus 2018

Astra, M., Nashey, H., dan Nugraha, A. (2015). Development Of An Android Application In The Form Of A Simulation Lab As Learning Media for Senior High School Students.Eurasia Journal od Mathematics, Science and Technology Education Vol 11.

Gilski, P., dan Stefanski, J. (2015). Android OS: A Review.TEM Journal Vol 4 Number 1. Poland.

Martono, K.T., dan Nurhayati, O.D. (2014). Implementation of Android Based Mobile Application as a Flexible Learning Media.Internasional Journal of Computer and Issues. Vol 11, Issue 3, No 1, May 2014.

Masood, Z., dan Hoda, R. (2014). Math Tutor: An Interactive Android-Based Numeracy Application for Primary Education. Proceedings of the Fifteenth Australasian User Interface (AUIC2014). New Zealand: Auckland.

Panji, A. (2014). Hasil Survey Pemakaian Internet Remaja Indonesia. (Online). (https://tekno.kompas.com/read/2014/02/19/1623250/Hasil.Survei.Pemakaian.Internet.Remaja.Indonesia) diakses pada 22 Agustus 2018

Hwa, S.P. (2009). Create An Edutainment Learning Environment For Mathematics Learning In Primary School. Proceedings of the 2nd International Conference of Teaching and Learning (ICTL 2009). Malaysia: INTI University College.

Purbasari, R.J., Kahfi, M.S., dan Yunus, M. (2013). Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa Kelas X. Malang: UM.

Ruseffendi. (1998). Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito.

Setyaningrum, W. dan Waryanto, N.H. (2017). Developing Mathematics Edutainment Media Android based on Students’ Understanding and Interest: a Teacher review. International Conference on Mathematics, Science and Education 2017 (ICSME2017). IOP Conf. Series: Journal of Physics.

Anonim. (2015). Android (Sistem Operasi). (Online). (https://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi)) diakses pada 22 Agustus 2018

Squire, K. (2005). Game-based learning: Present and future state of the field. Madison, WI: University of Wisconsin-Madison Press.




DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v2i1.651

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/ts.v2i1.651.g542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :