Model Pembelajaran Pair Check untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dalam Matematika

Risma Rahmadani, Nia Jusniani, Guntur Maulana Muhammad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika, dan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PGRI 1 Cianjur di kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol pada tahun ajaran 2018-2019. Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian dan instrumen non tes berupa skala sikap. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini diolah menggunakan bantuan program software SPSS versi 24 dengan kriteria uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa. Selain itu hasil skala sikap menunjukkan bahwa pada umumnya siswa bersikap positif terhadap model pembelajaran Pair Check.


Full Text:

PDF

References


Danti, D. P. N., Suprayitno, I.J., & Prihaswati. M. (2015). Perbandingan Pembelajaran Number Head Together dengan Team Assisted Individualization Berpendekatan Konstruktivisme terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika 2(1): 15-21. [Online]. Diakses dari https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/1829/1873. [29 April 2018].

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan.13(2):1-10.[Online]. Diakses dari http://jurnal.upi.edu/file/Leo_Adhar.pdf. [29 April 2018].

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran : Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. (Ed. 4).Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Jainuri, M. (2013). Pemahaman Konsep. Diakses dari https://www.academia.edu/6942541/Pemahaman_Konsep. [22 Mei 2018]

Karso, dkk. (1993). Dasar-Dasar Pendidikan MIPA. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.

Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta, cv.




DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v2i1.640

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/ts.v2i1.640.g548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :