Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dilengkapi Teka-teki Silang Berbasis Adobe Flash

Eza Dian Permadi, Dona Dinda Pratiwi

Abstract


Prosedur pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural rancangan oleh Borg & Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono meliputi 7 tahap yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Mengumpulkan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi produk. Kualitas media pembelajaran dinilai oleh ahli materi dan ahli multimedia, praktisi pendidikan dan 27 peserta didik kelas VII. Data kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk deskriptif kemudian diubah menjadi skor. Hasil penelitian pengembangan menunjukan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran yang memenuhi kriteria kualitas kelayakan. Kualitas media pembelajaran yang dihasilkan secara keseluruhan adalah sangat baik (SB) dengan persentase kelayakan menurut ahli materi sebesar 84%, persentase kelayakan menurut ahli multimedia sebesar 85%. persentase kelayakan menurut peserta didik sebesar 90% disertai respon positip peserta didik terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan sudah menarik dan memudahkan dalam memahami materi statistika dan peluang. Sedangkan pada praktisi pendidikan diperoleh persentase kelayakan sebesar 84% maka media pembelajaran layak digunakan dan dikembangkan agar peserta didik semakin mudah mempelajari materi tersebut.

Full Text:

PDF

References


Dani, M. (2008). Pembelajaran Interaktif Dan Aktraktif Berbasis Game dan Animasi, 4. Jakarta : e-Indonesia Initiative.

Atmini, P.D. (2010). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Pokok Bahasan Himpunan Siswa Kelas VII A SMP Negeri 14 Yogyakarta dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Hidayat, N. (2014). Pengembangan Media Flash Pada Mata Pelajaran Las Busur Manual di SMK N 1 Pundong Bantul. E-Journal Pendidikan Teknik Mesin, 2(4). Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Rakhmadhani, N., & Yamtinah, S. (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tournaments Berbantuan Media Teka-Teki Silang dan Ular Tangga dengan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa pada Materi Koloid Kelas X1 SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4). Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Susanto, Dewi, N.R., & Irsadi, A. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Education Game pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Cahaya Untuk Peserta didik SMP/MTs. Unnes Science Education Journal, 2(1), 230–238. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal Jurnal Matematika, 1(2). Bandar Lampung : UIN Raden Intan.




DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v1i2.403

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/ts.v1i2.403.g330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :