PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP NUMERASI SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI HIMPUNAN

Nia Jusniani, Alma Zahwa Dwina, Ayu Lestari, Sundari Apriliani, Usi Salsiah

Abstract


Motivasi adalah salah satu hal yang berpengaruh pada kesuksesan aktivitas  pembelajaran siswa. Tanpa motivasi proses pembelajaran akan sulit mencapai kesuksesan yang optimal.  Artikel penelitian ini  bertujan untuk menyelidiki apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap numerasi siswa SMP kelas VII materi himpunan dan berapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap numerasi siswa SMP kelas VII materi himpunan.  Penelitian regresi deskriptif ini dilakukan   sebagai studi kasus terhadap siswa kelas VII SMP. Terdapat total dua puluh siswa kelas VII SMP  dari SMP  di MTs Darul Falah Al-Burdah Kecamatan Cipanas, Cianjur yang dijadikan sample dalam penelitian ini. Data-data dikumpulkan melalui angket dari variable motivasi belajar dan juga dari variable   tes soal. Hasil dari data-data diproses melalui  perhitungan statistic dan uji regresi  di dapat melalui pengunaan JASP. Data menunjukkan bahwa besarnya nilai koefisien determinasi atau R2 adalah sebesar 0 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh kemampuan numerasi (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap Y (numerasi) adalah 0%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tidak adanya pengaruh motivasi belajar terhadap numerasi siswa.


Full Text:

PDF

References


Afriansyah, E. A., Puspitasari, N., Luritawaty, I. P., Mardiani, D., Sundayana, R. (2019). The analysis of mathematics with ATLAS.ti. Journal of Physics: Conference Series, 1402(7), 077097.

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pekan Baru: Zanafa Publishing

Alda Dwi Cahyanovianty dan Wahidin, “Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetasi Minimun”, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika”, Vol. 5, No. 2, (Juli, 2021), 1440.

Ana Puspita Maulidina dan Sri Hartatik, “Profil Kemampua Numerasi Siswa Swkolah Dasar Berkemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika”, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, Vol.3, No. 2, 2.

Anggraeni, F. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemandirian Belajar. Retrieved from https://www.academia.edu/2975444/Analisis Kemampuan_Pemahaman_Konsep_Matematis_Dan_Kemandirian_Belajar_Siswa.

Ayuningtyas Nurina , Dewi Sukriyah. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(9).

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541.

Han, W., Santoso, D., & dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Bandung. Remaja Rosdakarya.

Kilpatrick. (2002). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. D C Press, Academy, 34(6).

Kemendikbud, “Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018”, Risalah Kebijakan, No. 3 (April, 2021), 2.

Muliyardi. 2002. Strategi Pembelajaran Matematika. Padang: Universitas Negeri Padang.

Nurdin, M. (1998). Pedoman Guru Matematika 2. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahayu yuyun , Heni Pujiastuti. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI HIMPUNAN: STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 CIBADAK. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(3), 93-96.

Salman Farisi, “Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan”, Jurnal Humaniora, Vol.4, No. 1, April 2020 : 15-33

Sukardjono. (2000). Filsafat dan Sejarah Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka. Cet, 1.

Putri Umairah, “PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN “GOOGLE CLASSROOM” DITENGAH PANDEMI COVID-19 PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 4 SMAN 1 BANGKINANG KOTA”, Journal On Education Volume 02, No. 03, April 2020, hal. 275-285




DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v3i1.3967

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/ts.v3i1.3967.g2652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :