Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Dengan Model Brain Based Learning (Penelitian Tindakan Kelas)

Rizal Laode Sadikin, Guntur Maulana Muhammad

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dengan keprihatinan peneliti terhadap rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA. Peneliti memberikan solusi model Brain Based Learning (BBL). Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 MAN 2 Cianjur dengan jumlah 32 siswa. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Limit Fungsi Aljabar dan Turunan Fungsi Aljabar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa, dan hasil perhitungan Daya Serap Klasikal (DSK) siswa. Respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model Brain Based Learning pada umumnya memberikan respon positif. Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan model Brain Based Learning berjalan aktif. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Brain Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA dalam mata pelajaran matematika.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Fatmawati, H. et al. 2014. Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9). Solo:UNS

Jensen, E. 2011. Pembelajaran Berbasis-Otak: Paradigma Pengajaran Baru. Jakarta: Indeks.

Karim. et al. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematiaka dengan Menggunakan Model Jucaman di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1),. Banjarmasin:UNLAM.

Kotchabhakdi, N., 2007. Brain Based Learning: From Theories to Practice. In Abstract of Special Plenary Lecture presented at the First International Congress of the International Society for Brain–Behaviour Science and Medicine (BBSM 2007): The.

Pisa, O.E.C.D., 2015. Draft Science Framework. 2014-07-17]. http://www. oecd. org/pisa/pisaproducts/Draft PISA 2015 Science Framework. pdf.

Puskur. 2002. Kurikulum dan Hasil Belajar: Mata pelajaran Matematika Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Salim Nahdi, D., 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning.. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1). Majalengka: UNMA

Sukoco, H. et al. 2016. Pengaruh Pendekatan Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMA. PYTHAGORAS. Jurnal Pendidikan Matematika. Yogyakarta: UNY.

Syarwan, R. et al. 2014. Pengaruh Pendekatan Brain Based Learning (BBL) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1), Padang:UNP.

Wisudawati, A., 2014. Penerapan Pembelajaran Fisika Berdasarkan Strategi Brain Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Elastisitas Kelas XI di SMA Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2). Surabaya:UNESA.




DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v1i1.331

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/ts.v1i1.331.g232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :