Penerapan Metode Inkuiri Model Alberta Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik

Ayi Rusmiati, Iden Rainal Ihsan

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik. Terdapat desain pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut, yakni metode inkuiri model Alberta. Tujuan pertama pada penelitian ini adalah meninvestigasi keberadaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Tujuan kedua adalah membandingkan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis kelas kontrol dan eksperimen. Tujuan ketiga adalah untuk mengetahui respon peserta didik terhadap metode inkuiri model alberta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain The Non-equivalent Pretest and Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan di salah satu SMP swasta di Kota Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis, kuisioner, dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis di kelas eksperimen, peningkatan di kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol, dan peserta didik memberi respon positif terhadap metode inkuiri model Alberta.

Full Text:

PDF

References


Alberta Learning. (2004). Focus On Inquiry: A Teacher,s Guided to Implementing Inquiry-Based learning. Alberta: Alberta Learning. (Online), (https://open.alberta.ca/dataset/032c67af-325c-4039-a0f3-100f44306910/resource/b7585634-fabe-4488-a836-af22f1cbab2a/download/29065832004focusoninquiry.pdf), diakses 1 Maret 2018

Apiati, V. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Metode Inkuiri Model Alberta. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Hendriana, H. dan Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Ihsan, I. R. &Iskandar, R. S. F. (2015).Model PembelajaranPenemuanTerbimbingTipe Minds, Suatu Alternatif Model Pembelajaran untuk Membiasakan Peserta Didik Belajar Matematika Secara Mandiri. Makalah disampaikan pada Sendikmad, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia.

Lukman, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Media Interaktif Lectora Inspire terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMK. Skripsi. Bandung: Universitas Islam Nusantara.

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Tambak, S. (2013). Membangun Bangsa Melalui Pendidikan: Gagasan Pemikiran dalam Mewujudkan Pendidikan Berkualitas untuk Kemajuan Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v1i1.325

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/ts.v1i1.325.g237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :