UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)

Fani Fauzihan Febridianti Tardjim, Elsa Komala, Zahra Nur Shafira

Abstract


Pentingnya kemampuan pemecahan masalah dimiliki oleh setiap siswa menjadi latar belakang penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR), untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran (AIR) dan untuk mengetahui hubungan antara sikap siswa terhadap model pembelajaran (AIR) dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Desain penelitian ini adalah desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunungguruh dengan sampel dipilih dua kelas dari lima kelas yang ada menggunakan teknik purposive sampling, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran (AIR)  dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran (AIR) lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional, peningkatan ada pada kategori tinggi. Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran (AIR) adalah positif. Tidak terdapat hubungan positif antara sikap siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran (AIR).


Full Text:

PDF

References


Ainia, K. (2012). Eksperimentasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Karakter Belajar Siswa Kelas.

Ainia, Q., Kurniasih, N., Nasional, M. S.-P. S., & 2012, undefined. (n.d.). Eksperimentasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Karakter Belajar Siswa Kelas. Eprints.Uny.Ac.Id.

Aulia, A., & Kharisudin, I. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Strategi Pemodelan Matematika pada Brain-Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 561–570.

Gina Nur Azizah, R. S. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Sikap Siswa Terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Air Dan Probing-Prompting. Mosharafa :Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3).

Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.

Herlambang. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP negeri 1 Kepahiang tentang Bangun datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. In repository.unib.ac.id.

Misnawati, T. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Pada Materi Segi Empat Kelas Vii Smpn 9 Haruai Tahun Pelajaran 2016/2017. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 4(1).

Polya. (1957). How To Solve It. Princeton University Press.

Stella, Misdalina, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Math-UMB.EDU, 6(3).

Sugiyono. (2005). Statistik Untuk Penelitian. CV. Alfabeta.

Suherman, E. (2004). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA UPI.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa :Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).

Sunaryo, Y., & Nuraida, I. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 3(2), 89–96.

Sunaryo, Y., & Nuraida, I. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Brain-Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, Volume 3(No 2), 89–96.

Usman Fauzan Alan, E. A. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1).

Wahyu Hidayat, R. S. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM ; Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(1).

Wahyudin. (1999). Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Maematika dan Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Repository UPI Bandung.




DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v5i2.2921

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/ts.v5i2.2921.g1994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :