UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Pasundan Cianjur)

Riscy Rismayanti, Sendi Ramdhani, Aas Aisah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan garis dan sudut  siswa kelas VII-E SMP Pasundan Cianjur dengan penerapan  model  pembelajaran  kooperatif  tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran  kooperatif  tipe STAD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas VII-E SMP Pasundan Cianjur tahun ajaran 2015-2016 sebanyak 43 siswa. Model pembelajaran STAD terdiri atas lima komponen utama yaitu: Presentasi kelas, tim, kuis, skor peningkatan individual dan penghargaan tim. Tindakan dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD  melalui tahapan (1) presentasi kelas yang dilakukan oleh guru, (2) diskusi kelompok dengan menggunakan LKS, (3) kuis individu, (4) peningkatan nilai individu, dan (5) penghargaan kelompok, dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya persentase siswa yang paham setiap siklusnya. Untuk jumlah siswa yang tuntas, Daya Serap Klasikal dan nilai rata-rata kelas dari siklus I sampai siklus III mengalami peningkatan. Hasil jurnal siswa yang memberikan komentar positif lebih banyak dibandingkan dengan yang memberikan komentar negatif. Lembar observasi menghasilkan suasana pembelajaran yang meningkat pada setiap siklus, baik pada guru maupun siswa. Hasil angket skala sikap menghasilkan respon yang baik.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003. In Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia

Farida, N., Sesanti, N. R., & Ferdiani, R. D. (2019). Tingkat Pemahaman Konsep dan Kemampuan Mengajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kajian dan Pengembangan Matematika Sekolah 2. 135–146.

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87-100.

Inayah, S., Septian, A., & Suwarman, R. F. (2020). Student Procedural Fluency in Numerical Method Subjects. Desimal: Jurnal Matematika, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.24042/djm.v3i1.5316

Nila, K. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Sagala, S. H. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran : Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Alfabeta

Septian, A., & Rizkiandi, R. (2017). Penerapan model problem based learning (PBL) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Prisma, 6(1), 1-8.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Edisi Pert). Jakarta: Kencana.

Trianto. (2011). Panduan lengkap penelitian tindakan kelas: teori dan praktik. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Yanuar, Sukmawati, K. I., & Arifin, S. (2019). Penerapan model Student Teams Achievement Division terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII. Union.

Zyngier, D., Zullig, K. J., Collins, R., Ghani, N., Hunter, A. A., Patton, J. M.. (2013). PISA 2012 results : ready to learn. Students’ engagement, drive and self-beliefs (volume III). School Effectiveness and School Improvement, 24(2), 520 pages. https://doi.org/10.1080/09243453.2012.680892

Sagala, S. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v5i1.2911

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/ts.v5i1.2911.g1993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :