Penerapan Metode Personalized System of Instruction (PSI) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Ari Septian, Elsa Adetia, Fatimah Febrianti Mustopa, Mutia Dyaning Tyas, Rahmathunnisa Fauzyah

Abstract


Kurangnya rasa percaya diri dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam mengikuti proses pembelajaran menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang membantu siswa lebih percaya diri, kreatif, dan lebih memahami pembelajaran matematika. Metode pembelajaran tersebut ialah Personalized System of Instruction (PSI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan metode Personalized System of Instruction (PSI) lebih baik daripada metode konvensional, serta untuk mengetahui sikap siswa terhadap metode Personalized System of Instruction (PSI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen melalui Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Cianjur dengan populasi seluruh siswa kelas X. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sample, diperoleh sampel kelas X-MIA 6 sebagai kelas eksperimen dan X-MIA 7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes sebanyak 4 soal essay dan instrumen non tes (angket skala sikap) sebanyak 20 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan metode Personalized System of Instruction (PSI) lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan metode konvensional, dan pada umumnya siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Personalized System of Instruction (PSI).

Full Text:

PDF

References


Aprilyanti, R. (2020). Penerapan pembelajaran Personalized System of Instruction (PSI) berbasis konflik kognitif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan Self-Efficacy siswa : Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungsari.

Arfika Riestyan Rachmantika, W. W. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439–443.

Awalludin, R. D. S. & S. A. (2018). Pengaruh Pembelajaran dengan Menggunakan Mind Map terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prosiding SENAMKU, 1, 277–288.

Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Intelligences. EduSains, 4(2), 136–150.

Gufron, D. (2022). Perbandingan Metode Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan Metode Pembelajaran Personalized Sistem of Instruction (PSI) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.

Hartini, S., Rusliah, N., & Ningsih, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dengan Model Personalized System of Instruction. 7(1), 27–38.

Lestari, M., Lestari, P. B., & Ridha, M. R. (2018). Penerapan Metode Personalized System of Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. INTERMATHZO, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 132–139.

Limbong, S. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Personalized System of Instruction (PSI) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar Segiempat di Kelas VII SMP Swasta Parulian 2 Medan T.P 2015/2016.

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif, 5(1), 14–25.

Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Berpikir Kreatif Matematis untuk Siswa SMP. Delta-Pi:Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27–41.

Nugraha, A. (2013). Pembelajaran Matematika Melalui Metode Personalized System of Instruction (PSI) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurmantoro, M. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Personalized System of Instruction (PSI) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathline, 2(1), 1–10.

Priyambodo, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Metode Pembelajaran Personalized System of Instruction. 5(1), 10–17.

Siswanto, R. D., & Azhar, E. (2018). Workshop Penerapan Software GeoGebra Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Guru Sekolah Dasar Kelurahan Pademangan Barat. Publikasi Pendidikan, 8(3), 224–228.

Situmeang, C. S. J. (2015). Pengaruh Model Personalized System of Instruction (PSI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Di Kelas VII SMP Negeri 17 Medan T.P 2013/2014.




DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v5i1.2650

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/ts.v5i1.2650.g1955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :