Perbaikan Tata Letak Gudang Sparepart Fast Moving Menggunakan Metode Dedicated Storage

Dini Nuraeni, Yulita Veranda Usman

Abstract


PT. Sany Perkasa adalah salah satu perusahaan distributor alat berat terbesar di Indonesia. Berdasarkan tingginya permintaan baik dari internal maupun pelanggan, perusahaan harus memiliki gudang yang cukup besar untuk menyimpan banyaknya jenis dan jumlah sparepart tersebut. PT. Sany Perkasa memiliki dua unit gudang yaitu excavator dan drilling. Sparepart pada unit excavator memiliki jumlah lebih banyak dibandingkan dari unit drilling yaitu sebanyak 77%. Unit excavator memiliki 5 (lima) kategori untuk setiap jenis sparepartnya yaitu jenis assy parts, critical parts, fast moving, oil dan other parts. PT. Sany Perkasa menghadapi permasalahan dalam penyedian sparepart yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan. Penggunaan ruang yang tidak efisien dan pengelompokan barang yang tidak tepat menyebabkan pencarian produk menjadi sulit dan waktu persiapan untuk menyediakan sparepart yang diperlukan lebih lama. Metode dedicated storage yang digunakan dalam penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan tata letak gudang sparepart fast moving pada unit excavator yang lebih efektif dan efisien. Dengan demikian luas gudang yang tersedia dapat dioptimalkan, kesalahan pengambilan dikurangi, dan sparepart fast moving disiapkan dalam waktu yang lebih singkat. Hasil yang diperoleh adalah terjadi penurunan persentase waktu persiapan sebesar 14,29% dan kesalahan penyediaan sparepart fast moving sebesar 28%. 

Keywords


Dedicated storage; efisiensi waktu; fast moving; sparepart; tata letak gudang

Full Text:

PDF

References


N. S. Nadiya Pramudian K, «Analisis Penerapan Metode 5S pada Warehouse Fast Moving PT. Indonesia Power UBP Mrica Kabupaten Banjarnegara,» Media Ilmiah Teknik Industri, vol. 18, nº 1, pp. 28-33, 2019.

J. Kemklyano, C. Harimurti y I. N. Purnaya, «Pengaruh Penerapan Metode Class Based Storage Terhadap Peningkatan Utilitas Gudang di PT Mata Panah Indonesia,» Jurnal Manajemen Logistik, vol. 1, pp. 1-10, 2021.

M. Zaenuri, «EVALUASI PERANCANGAN TATA LETAK GUDANG,» pp. 21-36, 2015.

N. Yusuf y Y. Nuryanti, «ANALISIS PERGUDANGAN DI BAGIAN GUDANG,» Jurnal Manajemen Industri dan Logistik, pp. 7-13, 2018.

H. M. P. Delia Meldra1, «RELAYOUTTATA LETAK GUDANGBARANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEDICATED STORAGE,» pp. 32-39, 2018.

K. P. A. P. Yohanes Anton Nugroho, «PENATAAN LAYOUT GUDANG PENYIMPANAN CONSUMER GOODS MENGGUNAKAN METODE SHARED STORAGE,» Jurnal Cakrawala Ilmiah, vol. 4, pp. 597-603, 2021.

C. H. I. N. P. Julio Kemklyano, «Pengaruh Penerapan Metode Class Based Storage Terhadap Peningkatan Utilitas Gudang di PT Mata Panah Indonesia,» Jurnal Manajemen Logistik, vol. 11, pp. 1-10, 2021.

M. D. C. S. Rosihin, «ANALISA PERBAIKAN TATA LETAK GUDANG COILDENGAN METODE CLASS BASED STORAGE,» INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, pp. 166-172, 2021.

S. Husin, «PERBAIKAN TATA LETAK GUDANG PRODUK JADI DENGAN METODE,» Journal Of Industrial And Systems Optimization, pp. 8-15, 2020.

F. D. S. S. G. Berlian Octaviani Surya, «Perancangan Ulang Tata Letak Gudang Produk Menggunakan Metode Dedicated Storage (Studi Kasus: PT. Borneo Indah Fokus, Samarinda),» Journal Of Industrial And Systems Optimization, pp. 61-67, 2022.

N. E. R. S. N. Lamto Widodo, «Usulan Perbaikan Rancangan Tata Letak Penyimpanan Bahan Baku Berdasarkan Kriteria Pemakaian Bahan,» Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI SAINS DAN TEKNOLOGI, pp. 69-79, 2013.

I. Agustina, «Analisis Pengaturan Layout Gudang Sparepart Menggunakan Metode Dedicated Storage di Gudang Bengkel Yamaha Era Motor,» Journal of Management and Business Review , pp. 53-64, 2021.

Burhanudin, «ANALISIS PERBAIKAN TERHADAP TATA LETAK GUDANG PRODUK JADI PT SPM DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEDICATED STORAGE,» Journal Of Industrial And Systems Optimization, vol. 2, pp. 55-61, 2019.

Y. S. R. Kelvin, «Penentuan Tata Letak Gudang Sparepart NonGenuine Pada Bengkel Mobil di Surabaya dengan Metode Dedicated Storage,» OURNAL OF INFORMATION SYSTEM, GRAPHICS, HOSPITALITY AND TECHNOLOGY, pp. 47-53, 2020.

D. A. Muhammad Dhomiri, «Usulan Perbaikan Warehouse Layout Dengan Metode Dedicated Storage Pada UD H. Nasir,» Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), pp. 45-50, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Proceeding is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: semnastek@unsur.ac.id