Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Berbasis Web

Muhammad Abdul Latif, Fietri Setiawati Sulaeman

Abstract


Toko Grosir Edi yang terletak di Jl. Baros, Desa Sukataris, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur merupakan toko grosir yang menjual berbagai macam bahan makanan pokok/sembako dan makanan ringan dalam kemasan. Bahan-bahan makanan  ditempatkan dalam rak atau etalase-etalase, sehingga lebih tertata rapi. Setiap harinya, data transaksi semakin banyak dihasilkan, akibatnya data transaksi lama-lama semakin menumpuk, pihak grosir-pun tidak memanfaatkan data-data tersebut kembali sehingga menjadi arsip yang tidak terpakai. Padahal apabila dimanfaatkan kembali, informasi bermanfaat dapat ditemukan.  Selain itu, proses penempatan barang yang dilakukan di dalam grosir dinilai kurang mempermudah konsumen ketika membeli suatu barang, tepatnya ketika konsumen ingin membeli suatu barang yang bersamaan dalam satu waktu. Oleh karena itu, solusi yang dapat membantu dalam menyelesaikan masalah-masalah tersebut yaitu perlunya diadakan proses penggalian data (data mining) di tempat grosir, sehingga data transaksi yang dihasilkan dapat dimanfaatkan kembali menjadi suatu informasi yang berguna. Pembangunan aplikasi data mining ini menggunakan paradigma metode pengembangan perangkat lunak waterfall berbasis web, PHP sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai manajemen database. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, Toko Grosir Edi dapat memanfaatkan kembali hasil data transaksi sehingga dapat diketahui pengetahuan berupa pola pembelian barang atau aturan asosiasi yang dapat bermanfaat dalam mengatur lebih baik lagi strategi penjualan yang lebih optimal.

Keywords


Data Mining; Algoritma Apriori; Pola Pembelian Barang; Aturan Asosiasi; Web

Full Text:

PDF

References


Sulastri, H & Acep, I. G, “Penerapan Data mining Pengelompokan Penderia Thalassaemia,†Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi., vol. 2, no. 3, pp. 299-305, 2017, doi: 10.30645/ijistech.v5i6.197.

Mulyani, H & Iwan, P, “Implementasi Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Barang (Studi Kasus: Toko Isna Kabupaten Bintan),†Jurnal Bangkit Indonesia. Vol 7, no. 1, pp. 1-15. 2018, doi: 10.25077/TEKNOSI.v3i2.2017.299-305.

Kho, B. (2016). Ilmu Manajemen Induestri Diagram Fishbone. Diunduh dari lmumanajemenindustri.com:https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-diagram-sipoc-caramembuat-siopc/

Pressman, R. S & Bruce, R. M, “Software Engineering A Practitioner’s Approach,†Singapore: McGraw Hill Education. 2015.

Bernard, D., Andrew, L., Peter, A & Ioannis, S. P, “Pengantar Ilmu Perpustakaan,†Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.

Prasetyo, E, “Data mining: Konsep dan Aplikasi Menggunakan Matlab,†Yogyakarta: Andi Offset. 2013.

Vulandari, R. T, “Data mining Teori dan Aplikasi Rapid Miner,†Yogyakarta: Gava Media. 2017.

Pracoyo, S & Emi, S, “Algoritma Apriori untuk Penempatan Buku di Perpustakaan SMK Ma’arif 1 Wates,†Jurnal INFOS, vol (2), no. 3, pp. 1-6, 2016. ISSN: 2655-190X.

Luthfi, K. D, Algoritma Data Mining, Yogyakarta: Andi Offset. 2012.

Deni, R & Agus, S, “Algoritma FP-Growth Dalam Penempatan Lokasi Barang di Gudang PT. XYZ,†Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, vol 4, no. 1. pp. 63-70, 2018. ISSN: 2527-4864.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Proceeding is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: semnastek@unsur.ac.id