Pengaruh Kualitas Layanan Sistem Informasi Terhadap Brand Image yang Berdampak pada Keputusan Pembelian di Perguruan Tinggi Indonesia Mandiri

Duma Soswati Ritonga, Rosida Rosida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas layanan sistem informasi terhadap brand image yang berdampak pada keputusan pembelian di Perguruan Tinggi Indonesia Mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah studi survei dengan sampel yang diambil secara acak dari mahasiswa Perguruan Tinggi Indonesia Mandiri. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang terdiri dari pertanyaan terbuka dan tertutup. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis data yang telah ditentukan, termasuk uji analisis path dan uji koefisien determinasi.Sampel dalam penelitian sebanyak 252 responden, Pengolahan data menggunakan SPSS versi 26. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif, verifikatif dengan menggunakan analisis jalur, analisis korelasi dan koefesien determinasi yang sebelumnya dilakukan uji validitas, reliabilitas, dan uji normalitas terlebih dahulu. Hasil dari pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan sistem informasi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap brand image dan keputusan pembelian.. Pada penelitian ini juga menujukkan pengaruh langsung brand image terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh tidak langsung kualitas layanan system informasi  terhadap keputusan pembelian melalui brand image dan hasilnya variabel brand image dapat memediasi kualitas layanan system informasi terhadap keputusan pembelian/memilih. Penelitian ini  memberikan sumbangan teoritis dalam memperkaya literatur tentang kualitas layanan, brand image, dan keputusan pembelian di Perguruan Tinggi Indonesia Mandiri


Keywords


Brand Image; Kualitas layanan sistem informasi; Keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


. A. Arora and A. Saxena, "Assessing the impact of information quality on student satisfaction in higher education institutions," Education and Information Technologies, vol. 26, no. 3, pp. 2693-2709, Sep. 2021.

. A. Al-Debei, S. Al-Lozi, and A. Papazafeiropoulou, "The impact of IS service quality on customer satisfaction and loyalty in higher education," International Journal of Quality and Service Sciences, vol. 12, no. 2, pp. 182-200, 2020.

. A. P. Budiman, "Pengaruh Bauran Ritel Terhadap Citra Toko," 2013.

. A. Paraskevas and B. Arendell, "Implementing a web-based information system in a Greek higher education institution: a case study," Campus-Wide Information Systems, vol. 24, no. 3, pp. 165-177, 2007.

. A. Ridwan and E. Kuncoro, "Analisis jalur (path analysis)," J. Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, vol. 3, no. 1, pp. 1-6, 2014.

. Assauri, S. (2015). Manajemen pemasaran: Analisis perilaku konsumen dan strategi pemasaran. PT Rajagrafindo Persada.

. A. S. E. Solehati, M.M., "Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Kepada Keputusan Mahasiswa Untuk Kuliah Di Politeknik LP3I Bandung)," Politeknik LP3I Bandung, 2014.

. A. Tjiptono, "Perusahaan jasa produknya yang bersifat intangible, inseparable, variable dan perishable tidak mungkin melakukan pengemasan, pelabelan terhadap produk jasa, sehingga perusahaan membutuhkan merek untuk menumbuhkan dan meningkatkan kepercayaan konsumen," in Proc. Semin. Nas. Apl. Teknol. Inform. (SNATI), 2006, pp. 107-108.

. Bhatiasevi, V., & Mandhachitara, R. (2021). The effect of digital brand experience on brand loyalty through brand image and brand satisfaction in higher education institutions. International Journal of Educational Management, ahead-of-print(ahead-of-print), 00-00. doi: 10.1108/IJEM-06-2020-0246

. D. L. Hadi, E. Y. Purwani, and A. Triyono, "Pengaruh citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen produk minuman isotonik (Studi kasus Pocari Sweat)," J. Manaj. Agribisnis, vol. 12, no. 1, pp. 46-55, 2015.

. D. Lelyana Hadi, Srikandi Kumadji, and Edy Yulianto, "Pengaruh Service Marketing Mix (Bauran Pemasaran Jasa) Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Peserta Lembaga Kursus dan Pelatihan Royal English TOEFL & TOEIC Center Malang)," Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol. 24, no. 1, 2015.

. Engel, J. F., & Sangaji, I. (2013). Perilaku konsumen. Buku 1, edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

. E. Ferrinadewi, "Merek Dan Psikologi Konsumen," Graha Ilmu, Surabaya, 2008.

. F. Abidin, Z. Arifin, and E. Yulianto, "Pengaruh Service Marketing Mix (Bauran Pemasaran Jasa) Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei kepada Pengguna Armada Bus Pariwisata PO. Anto Wijaya Tour Ponorogo)," J. Administrasi Bisnis, vol. 44, 2017.

. G. Zeithaml, M. Bitner, and D. Gremler, Services marketing: Integrating customer focus across the firm, 5th ed. New York: McGraw-Hill Education, 2006.

. H. Malau, "Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global," Alfabeta, Bandung, 2017.

. I. Ghozali, "Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 edisi 8," Badan Penerbit Universitas di Ponegoro, Semarang, 2016.

. J. F. Engel, R. D. Blackwell, and P. W. Miniard, Perilaku Konsumen, Diterjemahkan oleh Budianto. Jakarta: Binarupa Aksara, 1995.

. K. C. Laudon and J. P. Laudon, "Management information systems: Managing the digital firm," Pearson Education Limited, 2016.

. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management. Pearson.

. M. G. Malau, "Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk fashion di Kota Medan," Jurnal Eksis: Kajian Ekonomi dan Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 234-245, 2017.

. M. Al-Debei, A. Avison, Y. Zhu, and Y. Zhi, "The impact of service quality of information systems on student satisfaction and loyalty in higher education," Journal of Strategic Information Systems, vol. 29, no. 4, pp. 101613, Dec. 2020, doi: 10.1016/j.jsis.2020.101613.

. M. Nazir and S. Hussain, "Quality of information system service and digital brand experience as important factors in shaping brand image and purchase decisions in higher education institutions," Journal of Marketing Education, vol. 43, no. 2, pp. 140-154, 2021.

. M. Ridwan and E. A. Kuncoro, "Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis)," Cetakan ke-1, LP3ES, 2014.

. M. Sangaji, "Jurnal Manajemen Pemasaran," vol. 1, no. 2, pp. 145-156, 2013.

. N. J. Setiadi, "Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk makanan ringan di Surabaya," Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Airlangga (JRMB), vol. 1, no. 3, pp. 341-353, 2015.

. P. Kotler and G. Amstrong, "Prinsip-Prinsip Pemasaran," edisi 13, jilid 1, Erlangga, Jakarta, 2016.

. P. Kotler and K. L. Keller, "Manajemen Pemasaran," jilid 1, edisi 13, Erlangga, Jakarta, 2009.

. P. Kotler and K. L. Keller, "Marketing Management," 15th edition, Pearson Education, Boston, 2016.

. P. Peter and O. Olson, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, 9th ed., translated by D. T. Dwiandani, Jakarta, Penerbit Salemba Empat, 2013.

. S. Assauri, Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.

. S. E. Wulandari, A. Fauzi, A. N. Lubis, "Pengaruh Brand Image, Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Politeknik Lp3i Medan Kampus Medan Baru," Journal of management Review, vol. 3, no. 3, pp. 389-397, 2017.

. S. Sangaji, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Edisi Revisi, PT. Indeks, 2013.

. Sugiyono, Metode Penelitian kombinasi (Mix Methode), Alfabeta, Bandung, 2016.

. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantutatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2018.

. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2014.

. Tjiptono, F. (2006). Strategi Pemasaran. Penerbit Andi. Halaman 107-108.

. U. Muhyidin, "Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Barat," 2014.

. V. A. Zeithaml, M. J. Bitner, and D. D. Gremler, Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm, McGraw-Hill Education, 2006.

. V. Bhatiasevi and R. Mandhachitara, "The impact of digital brand experience on brand loyalty through brand image and brand satisfaction in higher education institutions," Journal of Business Research, vol. 122, pp. 752-761, 2021.

. Y. Sugiyono, "Analisis jalur digunakan dengan menggunakan korelasi, regresi dan jalur sehingga dapat diketahui untuk sampai pada variabel intervening," J. Pendidik. Ekonomi & Bisnis (JPEB), vol. 6, no. 1, pp. 70, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Proceeding is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: semnastek@unsur.ac.id