Pembuatan Gamifikasi Laboratorium Virtual (V-Lab) Jaringan Dasar dengan Desain Gamifikasi SAGD-VL Menggunakan Finite State Automata di SMKN 1 Cipanas

Rifqi Aufa Arofik, Diny Syarifah Sany

Abstract


Desain gamifikasi SAGD-VL merupakan pengembangan dari SAGD-VL yang mengambil beberapa komponen pada SAGD-VL untuk gamifikasi sehingga laboratorium virtual yang dibangun tidak berbentuk gim namun hanya menambahkan elemen gim pada laboratorium virtual. Dari pengumpulan data sebanyak 47.1% siswa terkadang tidak mendapat perangkat praktikum jaringan dasar. Pengembangan Gamifikasi pada Laboratorium Virtual menggunakan Finite State Automata (FSA)  bertujuan untuk membantu  proses pembelajaran praktikum di SMKN 1 Cipanas yang masih sering kekurangan perangkat. FSA digunakan untuk menggambarkan alur aksi intruksi dan fenomena pada V-Lab. Pengujian dilakukan dengan menggunakan skenario, blackbox dan pre-test post-test. Dari hasil pengujian di dapat FSA dapat digunakan untuk membantu membangun V-Lab dan V-Lab yag dihasilkan membantu peningkatan nilai siswa.

Keywords


Permainan; Gamifikasi; Laboratorium Virtual; SAGD-VL; Finite State Automata

Full Text:

PDF

References


J. Heni, “Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran,†J. TICOM, vol. 5, no. 1, pp. 1–6, 2016, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/92772-ID-penggunaan-gamifikasi-dalam-proses-pembe.pdf.

B. Krisbiantoro, “The effectiveness of gamification to enhance students mastery on tenses viewed from students creativity,†J. Adv. Multidiscip. Res., vol. 1, no. 2, p. 73, 2020, doi: 10.30659/jamr.1.2.73-97.

D. S. Sany and F. Zikri, “Perancangan Skenario Adaptif untuk Reward pada Gamifikasi Reseller Penjualan Daring menggunakan Finite State Machine,†Media J. Inform., vol. 13, no. 1, p. 12, 2021, doi: 10.35194/mji.v13i1.1485.

V. W. Y. Mee, Rita Wong Mee, Pek Lim Seong, “A Conceptual Model of Analogue Gamification to Enhance Learners ’ Motivation and Attitude,†vol. 8457, pp. 40–50, 2021.

D. S. Sany, “SAGD-VL Framework: A Framework for Serious Adventure Game Development in A Virtual Laboratory,†J. Informatics Inf. Syst. Softw. Eng. Appl., vol. 5, no. 1, 2022, doi: https://doi.org/10.20895/inista.v5i1.865.

G. Gunawan, A. Harjono, H. Sahidu, and L. Herayanti, “Virtual Laboratory to Improve Students’ Problem-Solving Skills on Electricity Concept,†J. Pendidik. IPA Indones. Vol 6, No 2 Oct. 2017DO - 10.15294/jpii.v6i2.9481 , Oct. 2017, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/9481/6796.

D. S. Sany and R. A. Arofik, “Gamification Design of Computer Network Virtual Laboratory using SAGD-VL Framework,†vol. 9, no. 1, pp. 1–12, 2023.

D. S. Sany and Suwandi, “Perancangan Mesin Abstrak Finite State Automata Untuk Aplikasi Sewa Tanah Desa,†J. Teknol. Terpadu, vol. 8, no. 1, pp. 66–71, 2022.

O. Kurniawan, F. Ismaya, W. Gata, F. Septia Nugraha, and J. Lasmana Putra, “Application Of The Finite State Automata Concept In Applications Fruit Vending Machine Simulation,†J. Mantik, vol. 6, no. 2, pp. 1467–1474, 2022.

F. I. Zai, D. Rahmadani, B. Listio, and ..., “Penerapan Finite State Automata Pada Pencarian Rumah Sakit Dan Klinik Terdekat (Studi Kasus: Rumah Sakit Dan Klinik Wilayah Pasir Pengaraian),†RJOCS (Riau J. …, vol. 8, no. 01, pp. 76–84, 2022, [Online]. Available: https://journal.upp.ac.id/index.php/rjocs/article/view/1193.

Sugiyanto, Hamdan, E. Hermaliani, T. Haryanti, and W. Gata, “Penerapan Finite State Automata Pada Vending Machine Sistem Parkir Kendaraan Motor,†J. Ilm. Betrik, vol. 12, no. 2, 2021.

A. S. Maulana, “Implementasi Finite State Automata (FSA) dengan Simulasi Vending Machine pada Aplikasi Android,†J. Edukasi Elektro, vol. 3, no. 2, pp. 110–120, 2020, doi: 10.21831/jee.v3i2.28332.

F. Aziz, “Penerapan Konsep Finite State Automata Dalam Proses Pendaftaran Kelas Kursus Bahasa Inggris Pada Tempat Kursus,†Matics, vol. 12, no. 2, pp. 93–98, 2021, doi: 10.18860/mat.v12i2.9330.

K. Astoni, F. Aziz, F. Said, D. Andriyanto, and W. Gata, “Penerapan Finite State Automata Pada Mesin Tiket Otomatis Bus Damri Di Bandara Internasional Yogyakarta,†Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 23, no. 2, pp. 167–173, 2021, doi: 10.31294/p.v23i2.11290.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Proceeding is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: semnastek@unsur.ac.id