PENGARUH BEBERAPA MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN MICROGREENS BROKOLI (Brassica oleracea L.) DAN KUBIS MERAH (Brassica oleracea var capitata L.)

Riza Trihaditia, Widya Sari, Maghfira Hikmatul Adha

Abstract


Sayuran dan buah merupakan hasil alam yang baik untuk dikonsumsi. Microgreens merupakan sayuran yang mengandung nutrisi dan vitamin lebih tinggi dari tumbuhan dewasa. Tanaman potensial microgreens salah satunya pada famili kubis (Brassicacea). Penggunaan media tanam untuk microgreens memiliki karakteristik kelembaban optimal 50%. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pertumbuhan microgreens brokoli dan kubis merah dengan penggunaan beberapa media tanam yang dilakukan pada Maret-Juli 2020 di Kebuun Percobaan  Kecamatan Cilaku, Cianjur. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial, faktor pertama jenis tanaman dengan 2 level yaitu, B=Brokoli dan K=Kubis merah, faktor kedua media tanam dengan 3 level yaitu, C=Cocopeat sebgai control, H=Humus bambu, dan A=Arang hayati (biochar) dengan 3 kali ulangan. Analisis data yang dilakukan ANOVA (α=0.05) dan uji lanjut dilakukan dengan Tukey’s (alpha=5%). Hasil menunjukan jenis tanaman memberikan pengaruh nyata terhadap semua parameter pertumbuhan, penggunaan beberapa media tanam tidak memberikan pegaruh yang nyata terhadap semua parameter pertumbuhan, dan tidak ada interaksi yang nyata antara jenis tanaman dan media tanam.


Keywords


Microgreens, Brassicacea, Cocopeat, Biochar, Humus bambu.

Full Text:

PDF

References


Dalmadi. (2010). Syarat Tumbuh Brokoli. Jakarta: Direktoral Jendral Hortikultura.

Kaiser, C., & Ernst, M. (2018). Microgreens. In CCD-CP-104 (p. 3).

Lexington: Rick Durham, UK Extension Specialist, and Shari Dutton, UK Horticulturalist Photos courtesy of USDA.

Kusumaningrum. (2013). Pengaruh Pemberian Jus Kubis (Brassica oleracea var. capitata L.) Dosis Bertingkat terhadap Gambaran Makroskopis dan Mikroskopis Gaster Tikus Wistar Jantan yang Diinduksi Kuning Telur Ayam. In Karya Tulis Ilmiah. Dipenogoro: Universitas Dipenogoro.

Pinem, D., Irmansyah, T., & Sitepu, F. (2015). Respons Pertumbuhan Dan Produksi Brokoli Terhadap Pemberian Pupuk Kandang Ayam Dan Jamur Pelarut Fosfat. Jurnal Agroekoteknologi Universitas Sumatera Utara. 3(1) 102945.

Podsȩdek, A., Sosnowska, D., Redzynia, M., & Anders, B. (2006). Antioxidant capacity and content of Brassica oleracea dietary antioxidants. International Journal of Food Science and Technology. 41(SUPPL. 1):49–58.

Putri, A. S., Kristiani, E. i B., & Haryati, S. (2018). Kandungan Antioksidan pada Kubis Merah (Brassica oleracea L.) dan Aplikasinya Pada Pembuatan Kerupuk. Metana. 14(1):1.

Raffandi, A. (2018). Microgreen. Retrieved December 23, 2019, from http://jakarta.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/berita/4-info-aktual/947-microgreen

Santoso, A. (2011). Serat Pangan (Dietary Fiber) dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. Magistra, No. 75 Th., 6.

Setyowati, M. L., Endang, S., & Eka, T. S. P. (2013). Pertumbuhan Dan Hasil Kubis (Brassica oleraceae L.) Dalam Sistem Tumpangsari Dengan Bawang Daun (Allium fistulosum L.). Jurnal Vegetalika Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. 2(1):32–44.

Silalahi, J. (2006). Makanan Fungsional. Yogyakarta: Kanisius.

Wasonowati, C. (2009). Kajian Saat Pemberian Pupuk Dasar Nitrogen Dan Umur Bibit Pada Tanaman Brokoli (Brassica oleraceae var. Italica Plank). Agrovigor. 2(1):14–22.

Xiao, Z., Lester, G. E., Luo, Y., & Wang, Q. (2012). Assessment of vitamin and carotenoid concentrations of emerging food products: Edible microgreens. Journal of Agricultural and Food Chemistry. 60(31): 7644–7651.




DOI: https://doi.org/10.35194/prs.v3i1.1493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Pro-STek INDEXED BY :

   

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: prostek@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.