EFEKTIVITAS WARNA BAHAN DAN BENTUK PERANGKAP LAMPU BERTENAGA SURYA TERHADAP POPULASI WERENG COKLAT (Nilaparvata lugens) YANG TERPERANGKAP

Riza Trihaditia, Muhammad Noor Fikri

Abstract


Wereng coklat (Nilaparvata lugens) merupakan hamayang selalu menjadi perhatian dalam budidaya tanaman padi. Hama ini mampu beradaptasi dengan lingkungannya sehingga termasuk hama yang sulit dikendalikan. Pengendalian hama secara mekanis menggunakan perangkap lampu menjadi pilihan karena tidak berbahaya bagi ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon wereng coklat terhadap perangkap lampu dengan bentuk dan warna yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok Faktorial (RAKF) dengan dua faktor yaitu warna bahan dan bentuk perangkap, tiga ulangan sebagai kelompok, serta 12 unit percobaan. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor bentuk berpengaruh nyata, sedangkan warna tidak berpengaruh nyata. Wereng coklat banyak terperangkap pada perangkap corong putih.


Keywords


Wereng coklat, Perangkap lampu, Hama padi

Full Text:

PDF

References


Aji, N.R., Sumarda, R., dan Arita, A.T. 2018. Keanekaragaman Jenis Serangga Nokturnal Di Kawasan Deudap Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Prosiding Seminar Nasional Biotik.

Alit Diratmaja, I., Zakiah, D. 2015. Konsep Dasar Dan Penerapan Pht Padi Sawah Di Tingkat Petani Basic Concept and Application Ipm Rice Field At the Farmer. Agros Januari. 17(1):33-45.

Baehaki SE., Made, I., & Mejaya, J. 2015. Wereng Cokelat sebagai Hama Global Bernilai Ekonomi Tinggi dan strategi pengendaliannya. Iptek Tanaman Pangan. 9(1):1-12.

Dzaki, D. M. 2019. Efektifitas Warna Cahaya Perangkap (Light Trap) Pada Hama Di Area Pesawahan Padi Pandanwangi (Oryza Sativa Var. Aromatica). Skripsi. Program Studi Agroteknologi. Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana. Cianjur.

Effendi, B.S., Rustiati, T., Iswanto, E.H., dan Sumaryono, N. 2015. Pengaruh Faktor Meteorologi terhadap Perkembangan Hama Padi Terperangkap pada Lampu Perangkap Merkuri dan CFL. Agrotrop. 5(2):122-138.

Hanif , R F., dan Suwondo, N. 2018. Pengembangan eksperimen serapan kalor pada radiasi cahaya oleh permukaan berwarna hitam dan permukaan berwarna putih berbasis Arduino-LINX-LabV iew. Prosiding Seminar Nasional Quantum. Program Studi Penddidikan Fisika FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. pp. 2477-1511

Hidayat, S., Tarigan, H., Syakir, N. dan Fitrilawati. 2015. Karakteristik Polimer Hibrid Yang Didoping Dengan Phospor Organik Tunggal Sebagai Alternatif Lampu Hemat Energi. Jurnal Material dan Energi Indonesia. 5(1):24-31.

Oktaviona, L., Dharmawan, A., dan Rahayu, S.E. 2016. Preferensi Serangga Nokturnal Terhadap Warna Lampu Light Trap Di Kebun Jeruk Siem. Jurnal. Hal. 1-10

Pinandita, S. 2014. Rancang Bangun Alat Pengendali Hama Wereng Mekanik Menggunakan LED dan Alat Penyedot. Jnteti. 03 (04):281–286.

Podesta, R., & Rachmina, D. 2011. Efisiensi Teknis Dan Ekonomis Usaha Tani Padi Di Cianjur. Forum Agribisnis. 1 (1).

Sodiq, M. 2009. Ketahanan Tanaman Terhadap Hama. Universitas Pembangunan Nasional: Jawa Timur.

Yusianto, R., Sudibyo, U., & Adi Prasetyanto, W. 2016. Pengembangan Alat Pengendali Hama Wereng Coklat Tanpa Pestisida Bertenaga Kincir Angin Yang Ramah Lingkungan. Teknoin. 22(8):602-608.




DOI: https://doi.org/10.35194/prs.v2i2.1165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Pro-STek INDEXED BY :

   

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: prostek@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.