Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Lingkaran

Siti Nurrohmah, Heni Pujiastuti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika dalam materi lingkaran. Metode yang dipakai peneliti adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-C SMP Negeri 1 Ciruas sebanyak 26 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Metode penghimpunan data dengan memberikan soal materi lingkaran. Dari hasil studi memperlihatkan bahwa kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dalam materi lingkaran masih belum optimal. Tampak dari hasil perolehan nilai siswa, diperoleh 3 siswa pada kelompok tinggi dengan persentase sebesar 11,53%, 17 siswa pada kelompok sedang dengan persentase sebesar 65,4% dan 6 siswa pada kelompok rendah dengan persentase sebesar 23,7%.


Keywords


Kemampuan berpikir reflektif matematis; lingkaran

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N. (2008). Pendekatan Pemecahan Masalah Matematika. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar, 1–34.

Ariestyan, Y., Sunardi, S., & Kurniati, D. (2016). Proses Berpikir Refllektif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. KadikmA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 94–104.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Brooke, M. (2012). Enhancing Pre-Service Teacher Training: The Construction and Application of a Model for Developing Teacher Reflective Practice Online. Open Journal of Modern Linguistics, 2(4). https://doi.org/10.4236/ojml.2012.24023

Budiman, H. (2019). Mengukur Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Mahasswa pada Materi Diferensiasi dan Integrasi Numerik. PRISMA, 8(1), 58–67. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.380

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. In Departemen Pendidikan Nasional.

Fatimah, R. N., Kariadinata, R., Susilawati, W., Jihad, A., Nur, I., Fauziah, … Sugilar, H. (2019). Teknik Probing-Promting Scaffolding pada Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 8(2), 146–159.

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398.

Harel, G., & Sowder, L. (2005). Advanced Mathematical-Thinking at Any Age: Its Nature and Its Development. Mathematical Thinking and Learning, 7(1), 27–50. https://doi.org/10.1207/s15327833mtl0701_3

Hendriawan, M. A., & Septian, A. (2019). Pengembangan JiMath Sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 45. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.2785

Herawati, O. D. P., Siroj, R., & Basir, D. (2013). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 71–80.

Kusumaningrum, M., & Saefudin, A. A. (2012). Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematika melalui Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Kontribusi Pendidikan Matematika Dan Matematika Dalam Membangun Karakter Guru Dan Siswa, (November), 978–979.

Masamah, U., Sujadi, I., & Riyadi, R. (2015). Proses Berpikir Reflektif Siswa Kelas X Man Ngawi Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah Krulik Dan Rudnick Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 5(1), 38–50.

https://doi.org/10.20961/jmme.v5i1.10008

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

McLeod, G. A., Barr, J., & Welch, A. (2015). Best Practice for Teaching and Learning Strategies to Facilitate Student Reflection in Pre-Registration Health Professional Education: An Integrative Review. Creative Education, 6(4), 440–454. https://doi.org/10.4236/ce.2015.64044

Monariska, E. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus I. PRISMA, 6(1), 17–31. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.25

Muhammad, G. M., Septian, A., & Sofa, M. I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 315–326. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.140

Nindiasari, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Metakognitif. Disertasi.

Odiba, I. A., & Baba, P. A. (2013). Using Reflective Thinking Skills for Education Quality Improvement in Nigeria. 4(16), 196–202.

Rahmawati, N. I. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, 1, 381–387.

Rahmy, Z. (2012). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Proses Berpikir Reflektif terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sabandar, J. (2010). Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. 1–17.

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Mathematical representation ability through geogebra-assisted project- based learning models. Journal of Physics : Conference Series, 1657, 12019. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012019

Septian, A., & Rizkiandi, R. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. PRISMA, 6(1). https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.22

Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suharna, H. (2012). Berpikir Reflektif (Reflective Thinking) Siswa SD Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Pemahaman Masalah Pecahan. Prosiding, (November), 377–386.

Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK pada Materi Trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28–39. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8566




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.