MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS)

Tuti Artika, Karso Karso

Abstract


Pemecahan masalah merupakan bagian dari pembelajaran matematika yang sangat penting dalam pembelajaran maupun dalam penyelesaiannya. Bedasarkan hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk : 1) mengetahui peningkatan kemempuan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan metode pemebelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan pembelajaran biasa, 2) mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Cianjur, Tahun Pelaaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen jenis kuasi eksperimen dengan desain kelompok pretest-posttest, kontrol non-ekivalen (the non-equivalen pretest-posttes control group desaign). Subjek penelitian ini adalah 55 siswa yang terdiri dari 26 siswa kelas kontrol dan 29 siswa kelas eksperimen yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berbentuk uraian dan angket skala sikap menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakana metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran biasa, 2) sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS).

 

Kata Kunci : Pemecahan Masalah, Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS)

Full Text:

PDF

References


Anggriani, A., & Septian, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kebiasaan Berpikir Siswa Melalui Model Pembelajaran IMPROVE. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(2), 105-116. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i2.4550

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535

Karso,dkk. 1993. Dasar-Dasar Pendidikan MIPA. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.

Kemendiknas. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64, Tahun 2013, tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Menengah.[Online]. Diakses dari : http://bnsp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/2009/06/Permendikbud-Nomor-64-taun-2013-ttg-SI.pdf. (12 januari 2019)

Muchlis, EE. 2012. “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padangâ€. Jurnal Exacta. Vol. 10, No. 2 : 136-139. Diakses dari: http://repository.unib.ac.id/519/1/08.%20Effie%20Efrida%20Mukhlis.pdf. (8 Juli 2018)

Muhammad, G. M., Septian, A., & Sofa, M. I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 315–326. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.140

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

OECD. 2012. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/PISA%202012%20framework%20eboo k_final.pdf diakses pada 17 Desember 2018.

Republik Indonesia. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. [Online]. Diakses dari: http://disdik.jabarprov.go.id/product/7/peraturan-menteri-pendidikan-nasional-nomor-22-tahun-2006. (8 juli 2018)

Wulandari, AN, dkk. 2013. Pengembangan Karakter Dan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Model TAPPS. Semarang: Unnes Journal of Mathematics Education. Vol. 2, No. 3: 41 – 46. Diakses dari:http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/download/3364/3117. (14 Mei 2018)




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v8i2.791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.