MODEL MMP BERBASIS SCAFFOLDING TERPADU EKSTRAKURIKULER PADA PEMBENTUKAN KARAKTER KEMANDIRIAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATERI GEOMETRI

Zaenal Abidin

Abstract


Siswa cenderung kesulitan dalam memahami materi geometri sehingga tingkat keberhasilan pada materi ini rendah. Untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran model MMP  berbasis scaffolding terpadu dengan ekstrakurikuler. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid dan praktis, serta pembelajaran yang efektif. Hasil pengembangan sebagai berikut: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid; Silabus dengan skor rata-rata 4,05 (sangat baik); RPP dengan skor 4,12 (sangat baik); LKS dengan skor 4,10 (sangat baik); Buku siswa dengan skor 3,97 (baik); dan tes KPM dengan skor 4,14 (sangat baik); (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis, yaitu: 1) Kemampuan guru mengelola kelas sangat baik (skor 4,05), 2) Respon siswa positif mempunyai skor 84,31; (3) Pembelajaran matematika dinyatakan efektif, yaitu: 1) KPM mencapai ketuntasan; 2) Terdapat pengaruh positif karakter kemandirian dan keterampilan pemecahan masalah terhadap KPM; 3) Terdapat rata-rata KPM antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol; dan 4) Terdapat peningkatan nilai KPM. Peneliti yang melakukan penelitian model  yang dipadukan dengan ekstrakurikuler (atau yang lainnya) harus mempersiapkan tugas secara lebih terarah, sehingga siswa lebih memahami bentuk tugas yang dimaksud.


Full Text:

PDF

References


Carson, J. (2007). A Problem With Problem Solving: Teaching Thinking Without Teaching Knowledge. Mathematics Educator, 17(2), 7–14.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational research: An introduction (7th ed.). In Boston, MA: A & B Publications.

Jbeili, I. (2012). The Effect of Cooperative Learning with Metacognitive Scaffolding on Mathematics Conceptual Understanding and Procedural Fluency. International Journal for Research in Education, 32(32), 45–71.

KA, H. (2006). Dasar-Dasar Statistika. PT. Raya Grafindo Persada;, (Jakarta), 257–262.

Savinainen, A., & Scott, P. (2002). The force concept inventory: A tool for monitoring student learning. Physics Education, 37(1), 45–52. https://doi.org/10.1088/0031-9120/37/1/306

Septian, A. (2017). PENERAPAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS SURYAKANCANA. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2016. https://doi.org/Doi 10.1016/J.Datak.2004.11.010

Thompson, T. (2008). Mathematics teachers’ interpretation of higher-order thinking in Bloom’s taxonomy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 3, 96–109. Retrieved from http://www.iejme.com/022008/d2.pdf

Warsita, B. (2018). TEORI BELAJAR ROBERT M. GAGNE DAN IMPLIKASINYA PADA PENTINGNYA PUSAT SUMBER BELAJAR. Jurnal Teknodik, 12(1), 64. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.421




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v8i2.738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.