PENGAJARAN REFLEKTIF MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN MATEMATIKA

Hedi Budiman

Abstract


Program Praktek Lapangan (PPL) merupakan sarana untuk menerapkan kemampuan yang sudah diperoleh mahasiswa calon guru secara teoritis di bangku kuliah. Selain kemampuan dalam penguasaan materi, mahasiswa  calon guru juga dituntut dalam kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi yang baik ketika mengajar siswa di kelas. Kegiatan PPL ini merupakan pelatihan untuk menjadi guru profesional, karena di dalamnya terkait sejumlah kemampuan pengajar yang professional. Idealisme yang diharapkan terhadap mahasiswa calon guru ini perlu didampingi dengan pengontrolan pada pelaksanaan dan pengkajian setelah pelaksanaannya.  Salah satu upaya yang dilakukan terhadap proses pengajaran yang sudah dilakukan yaitu dengan observasi dan refleksi. Pengajaran reflektif seorang calon guru atau guru professional, berkaitan dengan kemampuan dan disposisi berpikir reflektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para mahasiswa calon guru matematika ini pada umumnya sudah menunjukkan kemampuan reflektif dalam hal openmindness (keterbukaan), responsibility (tanggungjawab), wholeheartedness (kesungguhan dalam bertindak) untuk meningkatkan pengajaran di kelas. Kemampuan ini sangat bermanfaat dan perlu ditingkatkan ketika sudah menjadi guru kelas.


Full Text:

PDF

References


Adam, A. (2002). Exploring the gender question in critical information systems. Journal of Information Technology, 17(2), 59-67.

Ash, S. L., & Clayton, P. H. (2004). The articulated learning: An approach to guided reflection and assessment. Innovative Higher Education, 29(2), 137-154.

Bright, B. (1996). Reflecting on Reflective Practice. Studies in the Education of Adults. Vol.28. No. 2 :162-184.

Budiman, H. (2014). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecemasan Matematika terhadap Kemandirian Belajar Siswa. FKIP UNSUR: Tidak diterbitkan.

Bullough, R., & Pinnegar, S. (2001). Guidelines for quality in autobiographical forms of self-study research. Educational Researcher, 30(3), 13-21.

Dewey, J. (1991). How We Think. (Rev. ed.). Boston: D. C. Heath.

Dinkelman, T. (2000). An Inquiry Into The Development of Critical Reflection in Secondary Student Teachers. Teaching and Teacher Education, 16(2).

Dohn, N. B. (2011). On the epistemological presuppositions of reflective activities. Educational Theory, 61(6).

Fraenkel, J.R dan Wellen, N.E. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Korthagen, F. A. J. (2001) Linking Practice and Theory: The Pedagogy of Realistic Teacher Education. Mahawah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates

Laboskey, V.K. (1994). Development of Reflective Practice: a study of preservice teachers. New York: Teachers College Press.

Pereira, F. (2011). In-service teacher education and scholar innovation: The semantics of action and reflection on action as a mediation device. Australian Journal of Teacher Education, 36(11).

Takona, J. P. (2002). Pre-service Teacher Portfolio Development. Lincoln, NE: Writers Club Press.

Valli, L. (1997). Listening to other voices: A description of teacher reflection in the United States. Peabody journal of Education, 72 (1), 67-88

Zeichner, K. M., & Liston, D. P. (1996). Reflective Teaching: An Introduction. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.