PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

Rida Sadiyyah, Mahmud Gustiana, Satrio Damar Panuluh, Rani Sugiarni

Abstract


Rendahnya nilai matematika siswa yakni kurangnya kegiatan yang melatih keterampilan berpikir kritis siswa dalam memberikan latian soal atau Lembar Kerja Siswa. Selain itu pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat dapat berdampak pula pada hasil belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini yakni Penerapan pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan inkuiri terbimbing berbasis mobile learning dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau development research dengan metode ADDIE, adapun yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa dengan Metode ADDIE berbasis Mobile Learning Untuk mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Subjek dalam penelitian ini kelas VII SMP  Negeri 4 Campaka semester II tahun ajaran 2018/2019  pada materi Geometri. Prosedur penelitian yakni analisis, design, development, implementation dan evalution. Instrumen yang digunakan LKS, angket, dan tes kemampuan berpikir kritis.  Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan inkuiri terbimbing berbasis mobile learning dari hasil penilain validator baik dan layak serta dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis matematis disertai sikap positif siswa.

Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa, Berpikir Kritis, Inquiri, Mobile Learning.


Full Text:

PDF

References


Alkarimah,Annisa. Rusdi. Fachruddin,M. 2017. Efektifitas media pembelajaran matematika menggunakan Software Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial pada materi garis dan sudut untuk siswa SMP/MTS kelas vii. Jurnal penelitian pembelajaran matematika sekolah (jp2ms),vol.1.no.1..

Damayanti,D. (2013) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendeketan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X tahun pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Bekala Pendidikan Fisika, 3(1) 58-62.

Hidayar, W.(2012,June). Meningkatkan kemampuan matematik siswa SMA melalui pembelajaran kooperatif Think-Talk-Write(Ttw)seminarnasional penelitian, pendidika dan penerapan mipa.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Palupi,E.L.W., & Patahuddin, S.M. (2010). Pengembangan Mathematics Moble Learning Aplication (MMLA)- Sistem Persamaan Linear Dua Variable (Spldv) untiu siswa SMP kelas 8.

Sumarmo, U ., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, M., & Saringsih, R.(2012). Kemampuan dan disposisi berpikir logis,kritis,dan kreatif matematik (Eksprimen terhadap siswa SMA menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan strategi Think- Talk-Write). Jurnal Pengajaran Mipa,17(1),1733




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.