PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) TERHADAP PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Ramdhan F Suwarman, Akmal Aulia Candra

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen terhadap siswa SMP kelas VIII pada pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa dengan menggunakan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa, dan untuk mengetahui sikap positif siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran ini. Desain penelitian yang digunakan adalah control group pretest-posttest. Sampel yang diteliti terdiri dari 58 siswa, terdiri dari 29 siswa kelas eksperimen dan 29 siswa kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangtengah di kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian dan instrumen non tes berupa angket siswa. Dari hasil pembahasan, ditunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa. Kemudian hasil angket skala sikap yang diberikan kepada siswa menunjukan bahwa pada umumnya siswa bersikap positif terhadap model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR).

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition, Pemecahan Masalah Matematis.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A., Noor S. Saad, dan Sazelli Ab Ghani. (2014). “Mathematical Problem Solving Behaviour of Successful Problem Solvers.†Jurnal Pendidikan Sains dan Matematik Malaysia.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Effendi, Leo Ahdar. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pepresentasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Tesis Sps UPI Bandung: Tidak Diterbitkan. Diakses 25 Desember 2016.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Humaira, Herlina. (2012). Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR) pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VIII Siswa MTsN 2 Bukit Tinggi. http://www.herlinahumaira.blogspot.com

Ruseffendi, H.E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.