MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIS EDUCATION

Neneng Yulia Wulandari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematik siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Realistic Mathematis Education dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran biasa. Metode pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP AL-Madina Cianjur, sedangkan sampel penelitiannya yaitu kelas VII  yang dipilih secara acak dari salah satu SMP di Cianjur dan terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematis Education sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa. Instrumen dalam penelitian ini adalah seperangkat soal tes kemampuan koneksi matematik yang terdiri dari lima soal tes uraian, data yang akan diolah dalam penelitian ini adalah skor pretes, postes, dan N-gain yang diolah menggunakan bantuan sofware SPSS 16 dan Minitab 16. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pencapaian kemampuan  koneksi matematik siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Realistic Mathematis Education lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa, peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Realistic Mathematis Education lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa, serta implementasi langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematis Education di lapangan sudah terlaksana.

 

Kata kunci: Koneksi Matematik, Pendekatan Realistic Mathematis Education


Full Text:

PDF

References


Depdiknas (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

Fitriani, N. (2012). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Secara Berkelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidience Siswa SMP. Tesis: UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Hermawan (2007). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

NTCM (2000). Principle and Evaluation Standarts for School Mathematics. Reaston, VA: NTCM

PISA (2012). National Center For Education Statistics, PISA 2012. Tersedia: http://www.nces.ed.gov/survey/pisa/pisa2012highlight.asp.

Ramdani, Yani. (2012). Pengembangan instrumen dan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, penalaran, dan koneksi matematis dalam konsep integral. Jurnal Penelitian Pendidikan13.1 44-52.

Riajanto. M. L. E. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Melalui Pendekatan Matematik Realistik. Bandung: Tesis SPs UPI. tidak diterbitkan.

Sumarno, U. (2012). Bahan Ajar Mata Kuliah Proses Berpikir Matematik Program S2 Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi 2012. Bandung: tidak diterbitkan.

Usdiyana. (2009). Meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa SMP melalui pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pengajaran MIPA 13.1 hal 1-14.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternative Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha ilmu.

Zaini, Ahmad, and Marsigit Marsigit. (2014). Perbandingan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik dan konvensional ditinjau dari kemampuan penalaran dan komunikasi matematik siswa." Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1.2: 152-163.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.