MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS MAHASISWA PADA MATERI DIFERENSIASI DAN INTEGRASI NUMERIK

Hedi Budiman

Abstract


Mata kuliah metode numerik merupakan salah satu mata kuliah yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir reflektif. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, pada mata kuliah ini mahasiswa memerlukan perangkat teknologi untuk penyelesaian masalah matematis. Metode numerik adalah teknik-teknik yang digunakan untuk memformulasikan masalah matematis agar dapat dipecahkan dengan operasi perhitungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir reflektif matematis mahasiswa pada mata kuliah metode numerik sub pembahasan diferensiasi dan integrasi numerik. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat 3 pendidikan matematika berjumlah 60 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskritif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan berpikir reflektif matematis mahasiswa calon guru pada materi diferensiasi dan integrasi numerik termasuk kategori baik, rata-rata kemampuan berpikir reflektif matematis mahasiswa per indikator menunjukkan kategori sangat baik untuk dua indikator, kategori baik pada 1 indikator, dan kategori cukup pada  1 indikator, dan sikap mahasiswa positif terhadap materi diferensiasi numerik dan integrasi numerik.


Full Text:

PDF

References


Adam, A. (2002). Exploring the gender question in critical information systems. Journal of Information Technology, 17(2), 59-67.

Ash, S. L., & Clayton, P. H. (2004). The articulated learning: An approach to guided reflection and assessment. Innovative Higher Education, 29(2), 137-154.

Bright, B. (2003). Reflection and knowledge: aspects and problems. Conference Proceedings, pp. 42-47.

Burden, R. L. & Faires, J. D. (2011). Numerical Analysis 9th Ed. Boston: Brooks/Cole Cengage Learning.

Dinkelman, T. (2000). An Inquiry Into The Development of Critical Reflection in Secondary Student Teachers. Teaching and Teacher Education, 16(2).

Dohn, N. B. (2011). On the epistemological presuppositions of reflective activities. Educational Theory, 61(6).

Kubiszyn, T dan Borich, G. D. (2003). Educational Testing and Measurement: Classroom Application and Practice, 7th Edition. New York: Wiley.

Munir, R. (2010). Metode Numerik. Bandung: Informatika.

Takona, J. P. (2002). Pre-service Teacher Portfolio Development. Lincoln, NE: Writers Club Press.

Zeichner, K. M., & Liston, D. P. (2010). Reflective teaching: an introduction. Mahwah, NJ: Routledge.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.